Sering Terlupakan, Ini Daftar Vaksin Sebelum Menikah

Vaksin sebelum menikah

Vaksin sebelum menikah menjadi salah satu hal penting dalam menjaga kesehatan pasangan yang akan menempuh hidup baru terutama bagi mempelai perempuan.

Meskipun penting, masih banyak calon pasangan suami istri di Indonesia yang mengabaikannya.

Pengabaian ini bukanlah hal baru, banyak suami istri yang akhirnya menyesal karena menunda atau tidak mendapatkan vaksin setelah terkena penyakit tertentu.

Salah satu fungsi vaksin bagi perempuan sebelum menikah adalah mencegah terjadinya penyakit ketika masa pernikahan atau kehamilan.

Kemudian apa saja daftar vaksin yang harus diperoleh oleh mempelai perempuan sebelum melangsungkan pernikahan?

Simak pembahasan lengkapnya di artikel ini agar selalu sehat terutama ketika mengandung.

Vaksinasi Sebelum Menikah untuk Apa?

Vaksin sebelum menikah

Melakukan vaksinasi bagi pasangan sebelum melaksanakan pernikahan memberikan banyak manfaat seperti membentuk kekebalan tubuh yang lebih baik sehingga tidak akan mudah terserang berbagai jenis penyakit berat.

Selain itu, melakukan vaksin bagi wanita akan sangat berguna untuk mempersiapkan masa kehamilan dan janin yang sehat.

Dengan kondisi kesehatan yang terjamin selama masa kehamilan, maka anak yang dilahirkan juga akan terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya bahkan stunting.

Baca juga: Sudah Terlanjur, Perlukah Vaksin HPV Setelah Menikah?

Jenis-Jenis Vaksin Sebelum Menikah

Vaksin sebelum menikah

Beberapa daftar vaksin di bawah ini sebaiknya dilakukan sebelum melangsungkan pernikahan sehingga antibodi tubuh sudah terbentuk dengan baik ketika pernikahan dilangsungkan dan mengandung.

  • Vaksin Influenza

Vaksin influenza menjadi daftar wajib vaksin yang harus dilakukan oleh perempuan sebelum melaksanakan pernikahan.

Hal ini bertujuan ketika perempuan masuk masa kehamilan, maka tubuhnya sudah memiliki pertahanan yang baik untuk melawan virus influenza.

Terserang virus influenza ketika hamil akan beresiko bagi perkembangan janin.

Gejala yang dirasakan juga akan lebih parah dibandingkan dengan orang normal karena kondisi tubuh ibu hamil lebih rentan terhadap gejala influenza seperti pusing, sakit tenggorokan, pilek, batuk dan lain sebagainya.

  • Vaksin HPV

HPV merupakan singkatan dari Human Papillomavirus. Virus ini merupakan penyebab utama penyakit kanker serviks pada perempuan.

Virus ini ditularkan melalui hubungan seksual atau kontak langsung dengan pasangan.

Vaksin ini disarankan untuk diberikan bagi perempuan sebelum melakukan hubungan seksual atau menikah.

Hal ini akan membantu perempuan untuk mencegah terserang virus tersebut ketika sudah menikah atau melakukan hubungan seksual.

  • Vaksin Measles, Mumps, dan Rubella

Suntik vaksin yang harus dilakukan sebelum menikah yang ketiga adalah vaksin measles, mumps, dan rubella atau biasa dikenal dengan penyakit campak, gondongan dan rubella.

Ketiga penyakit ini akan sangat berbahaya jika menyerang perempuan yang sedang hamil.

Ketika ibu hamil terserang salah satu penyakit tersebut, maka akan sangat beresiko terhadap janin.

Bahkan bisa mengalami keguguran spontan atau cacat saat bayi lahir. Sehingga, vaksin ini sangat penting terutama bagi yang ingin langsung memiliki momongan.

  • Vaksin Cacar Air

Bagi perempuan yang ingin memiliki momongan segera setelah menikah, maka vaksin cacar air menjadi hal wajib.

Pasalnya, penyakit cacar air pada ibu hamil akan membawa dampak yang sangat beresiko bagi janin yang dikandung. 

Vaksin cacar air ini juga sangat disarankan untuk diberikan sebelum menikah karena tidak akan efektif jika diberikan ketika wanita sudah mengandung.

Selain itu, jika Anda belum pernah terserang penyakit ini seumur hidup, maka Anda harus melakukan vaksin cacar air sebelum menikah.

Untuk memenuhi kebutuhan vaksin sebelum menikah, Anda tidak perlu repot dan khawatir. Vaxine Care berkomitmen untuk memberikan layanan vaksinasi HPV terbaik bagi Anda dan keluarga. Segera dapatkan layanan vaksin HPV terbaik bagi Anda dan keluarga hanya di Vaxine Care.

Anda dapat melakukan vaksinasi premarital untuk upaya pencegahan. Lakukan reservasi melalui halaman kontak dan dapatkan informasi seputar vaksin lainnya di halaman blog Vaxine Care.

Reference:

Artikel Lainnya