Sudah Terlanjur, Perlukah Vaksin HPV Setelah Menikah?

vaksin HPV setelah menikah

Vaksin adalah suatu zat atau senyawa yang berasal dari mikroorganisme yang dilemahkan dan dimasukkan ke dalam tubuh, tujuannya agar tubuh memiliki kekebalan terhadap penyakit tertentu. Sebagai wanita, vaksinasi yang wajib dilakukan adalah vaksin HPV setelah menikah ataupun sebelum menikah.

Vaksin HPV merupakan singkatan dari vaksin human papillomavirus. Jenis vaksin ini bertujuan untuk mencegah infeksi virus HIV ke dalam tubuh.

Virus HPV sendiri merupakan penyebab dari banyak penyakit menular seksual seperti kanker serviks, kutil kelamin, dan kanker pada anus serta penis.

Ada beberapa jenis vaksin HPV yang ditujukan untuk mencegah beberapa virus HPV tertentu.

Contohnya adalah vaksin HPV quadrivalent yang digunakan untuk mencegah virus HPV tipe 6, 11, 16, dan 18. Agar bekerja dengan efektif, vaksin HPV mestinya diberikan kepada seseorang sebelum aktif secara seksual.

Efektivitas Vaksin HPV Setelah Menikah

Vaksin HPV

Pernikahan merupakan tanda bahwa Anda akan aktif secara seksual. Sebelum menikah, mestinya Anda harus melakukan beberapa tes kesehatan dan vaksinasi yang mencegah infeksi penyakit menular di kemudian hari. 

Bagi kelompok orang yang memiliki banyak pasangan seksual, Anda tidak harus melengkapi seluruh jenis vaksin HPV karena efektivitas vaksin yang cenderung lebih rendah.

Alasannya adalah kelompok orang ini memiliki kemungkinan terpapar virus HPV lebih tinggi sebelum dilakukan vaksinasi.

Bagi kelompok orang yang hanya memiliki satu pasangan seksual akan memiliki resiko terpapar virus HPV yang lebih rendah.

Oleh karena itu, kelompok orang ini tetap perlu mendapatkan vaksin HPV secara lengkap.

Akan lebih baik jika Anda melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan terkait dengan pemberian vaksin HPV setelah aktif secara seksual.

Baca juga: 3 Manfaat Vaksin HPV untuk Anak dan Dewasa

Apakah Vaksin HPV Boleh Setelah Menikah?

Vaksin HPV

Sebenarnya vaksin HPV setelah menikah atau setelah aktif secara seksual sebenarnya tetap diperbolehkan. Namun, tetap ada indikasi bahwa efektivitasnya menurun.

Hal ini terjadi karena kemungkinan Anda sudah terkena virus HPV cukup tinggi karena telah aktif secara seksual.

Tetapi vaksin HPV tetap diperlukan untuk mencegah terpaparnya virus HPV yang mungkin belum menginfeksi tubuh Anda.

Sekecil apapun efektivitasnya, vaksinasi tetap bisa dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Sekali lagi, vaksin bukanlah obat. Vaksin bertujuan untuk mencegah infeksi penyakit di kemudian hari dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit tertentu.

Jadi, Kapan Waktu yang Tepat untuk Vaksin HPV?

Vaksin HPV

Waktu yang tepat untuk vaksin HPV adalah di saat belum pernah melakukan hubungan seksual, lebih aman lagi apabila pemberian vaksin ini dilakukan kepada anak-anak sebelum usia 12 tahun. Sehingga proteksi vaksin menjadi lebih efektif.

Apalagi sekarang ada program vaksin HPV gratis yang diberikan kepada anak-anak usia sekolah dasar. Tentunya hal ini sangat membantu untuk mencegah anak-anak terinfeksi penyakit menular seksual di masa depan.

Pemberian 3 dosis lengkap vaksin HPV tetap bisa dilakukan hingga usia 26 tahun. Apabila belum memenuhi semua dosis langkah vaksin HPV, Anda masih tetap bisa mendapatkan vaksin susulan sebelum usia 26 tahun.

Melakukan vaksinasi HPV saat hamil tidak dianjurkan. Tunda vaksinasi sampai Anda melahirkan. Apabila setelah melakukan vaksin dosis pertama atau kedua dinyatakan hamil, lakukan vaksinasi lanjutan setelah Anda melahirkan.

Apabila Anda sudah berusia lebih dari 27 tahun, lakukan konsultasi dengan dokter terkait dengan manfaat vaksin HPV yang lebih optimal.

Vaksin HPV juga bisa didapatkan di usia lebih dari 45 tahun walaupun dengan efektivitas yang cukup rendah.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa walaupun terkesan sudah telat, pemberian vaksin HPV setelah menikah tetap bisa dilakukan dan diperbolehkan.

Hanya saja, kemungkinan efektivitas vaksinasi perlu dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Baca juga: Kenali Pengertian, Prosedur, Dosis, dan Jarak Vaksin HPV

Vaksin HPV adalah salah satu langkah terpenting yang dapat Anda ambil untuk melindungi diri dan keluarga Anda dari berbagai penyakit serius, termasuk kanker serviks, kanker vulva, kanker vagina, kanker anus, kanker penis, dan kutil kelamin.

Vaxine Care berkomitmen untuk memberikan layanan vaksinasi HPV terbaik bagi Anda dan keluarga. Segera dapatkan layanan vaksin HPV terbaik bagi Anda dan keluarga hanya di Vaxine Care.

Anda dapat melakukan vaksinasi premarital untuk upaya pencegahan. Lakukan reservasi melalui halaman kontak dan dapatkan informasi seputar vaksin lainnya di halaman blog Vaxine Care.

Reference:

Artikel Lainnya