7 Sumber Kolagen Alami untuk Kulit Wajah yang Aman

7 Sumber Kolagen Alami untuk Kulit Wajah yang Aman

Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang jumlahnya akan menurun seiring bertambahnya usia. Oleh sebab itu, perlu mengonsumsi makanan sumber kolagen alami untuk menjaga kesehatan kulit.

Kolagen memiliki fungsi sebagai penyusun jaringan tubuh, misalnya tulang dan kulit. Bahkan kolagen juga bisa meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit, bahkan menunda terjadinya penuaan.

Lalu, makanan apa saja yang memiliki kandungan kolagen yang baik bagi kesehatan kulit? Adakah cara mendapat kolagen yang cepat namun tetap aman dan sehat?

Baca Juga: Ketahui 6 Manfaat Suntik Vitamin C untuk Jerawat dan Kulit

Makanan yang Meningkatkan Kolagen dengan Alami untuk Kulit

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan kolagen sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Berikut sumber kolagen alami dari makanan yang perlu Anda ketahui:

1. Kacang-kacangan

Kacang mengandung zinc yang bisa mengoptimalkan produksi kolagen dalam tubuh. Kacang-kacangan juga mengandung banyak vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga bisa menjaga kelembaban dan kesehatan kulit.

Rekomendasi kacang-kacangan terbaik diantaranya yaitu kacang almond, hazelnut, kacang tanah, dan kacang kenari. Namun, konsumsi kacang-kacangan tidak boleh berlebihan, karena memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi. Hal ini bisa menyebabkan resiko berat badan berlebih.

2. Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan bisa membantu proses produksi kolagen dalam tubuh. Buah ini juga mengandung likopen yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga mampu mengurangi kerusakan kulit dari radikal bebas.

3. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan beta-karoten yang berfungsi dalam mengoptimalkan produksi prokolagen. Selain itu, beta-karoten juga memiliki sifat antioksidan yang bisa mencegah rusaknya kolagen dan melindungi kulit dari radikal bebas.

4. Buah Sitrus

Buah sitrus memiliki kandungan vitamin C yang berperan dalam mengoptimalkan terbentuknya prokolagen yang dibutuhkan untuk bahan baku produksi kolagen alami untuk kulit. Senyawa ini akan menyusun asam amino yang dibentuk menjadi protein kolagen.

Oleh sebab itu, selain memakan makanan yang tinggi protein, perlu juga diperhatikan asupan vitamin C harian yang penting untuk pembentukan kolagen alami dalam tubuh. Beberapa jenis buah sitrus yang sangat baik dikonsumsi yaitu lemon, jeruk, serta jeruk bali merah.

5. Daging

Daging merah menjadi salah satu makanan sumber kolagen yang baik. Mengkonsumsi makanan yang kaya kolagen bisa membantu menambah kadar kolagen pada tubuh. Daging ini kaya akan asam amino yang berperan dalam membentuk kolagen alami.

6. Ikan

Selain daging merah, ternyata daging ikan juga memiliki jaringan ikat serta tulang yang mengandung kolagen. Bahkan, ada beberapa sumber yang menyatakan bahwa kolagen dari ikan mampu terserap oleh tubuh lebih baik dari pada daging merah.

7. Kaldu Tulang

Kaldu tulang menjadi sumber kolagen alami yang cukup populer di kalangan masyarakat luas. Untuk mendapatkan kandungan kolagen, Anda hanya perlu merebus tulang ayam ataupun tulang sapi dalam waktu cukup lama.

Dengan waktu rebus yang cukup lama, maka kandungan kolagen yang bisa didapatkan akan lebih banyak. Kaldu tulang juga mempunyai kandungan kalsium, magnesium, serta fosfor yang cukup tinggi.

Baca Juga: Bahaya Suntik Putih dan Efek Samping untuk Jangka Panjang

Adakah Sumber Kolagen Lain yang Aman?

Adakah Sumber Kolagen Lain yang Aman?

Selain dari makanan di atas, ada sumber kolagen lain yang bisa Anda dapatkan untuk meningkatkan kesehatan kulit dengan aman.

Caranya adalah dengan injeksi kolagen melalui suntik atau infus. Namun sebaiknya tindakan ini dilakukan dengan pengawasan dan mengikuti saran dari dokter.

Karena tindakan ini dilakukan dengan suntik atau infus, maka kolagen bisa lebih cepat terserap oleh tubuh. Sehingga hasilnya bisa nampak lebih cepat.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan kolagen injeksi secara aman, Anda bisa mendapatkan suntik/infus vitamin booster Vaxine Care. Dengan kombinasi vitamin dan kolagen sesuai rekomendasi dokter, kulit wajah bisa jadi lebih sehat dan cantik.

Semua tindakan di Vaxine Care akan dilakukan oleh dokter profesional, sehingga keamanannya terjamin. Kunjungi halaman vitamin booster di sini.

Tips Meningkatkan Kolagen Alami untuk Kulit

Selain dari makanan, ada banyak orang yang lebih mengandalkan produk skincare dan suplemen untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh.

Tidak ada yang salah dengan pilihan tersebut. Namun, ada cara alami yang bisa meningkatkan produksi kolagen untuk kulit. Apa saja?

1. Minum Air Putih yang Cukup

Pentingnya minum air putih yang cukup bisa membantu peningkatan kadar kolagen dalam kulit. Jika tubuh kekurangan cairan, maka akan menyebabkan dehidrasi serta memicu kulit kering.

Air putih memiliki kandungan yang bisa meningkatkan pembentukan serat serta membantu proses peremajaan kulit. Konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar 8-10 gelas per hari. Dengan begitu, kulit akan lebih sehat dan lembab.

2. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebih

Jika terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kerusakan kulit. Pancaran sinar UV bisa menyebabkan kerusakan kolagen serta asam amino yang berperan dalam pembentukan kolagen. Untuk itu, perlu memakai tabir surya ketika melakukan aktivitas di luar ruangan.

Hal ini dikarenakan sinar UV bisa masuk ke lapisan kulit serta merusak kolagen yang berfungsi mengikat struktur kulit.

3. Membiasakan Hidup Sehat

Gaya hidup sehat menjadi kunci untuk meningkatkan produksi kolagen alami dalam tubuh. Bagi perokok aktif disarankan untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Selain itu, perlu diimbangi dengan konsumsi makanan yang sehat serta olahraga yang teratur.

Gaya hidup yang sehat nyatanya tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan kulit, tapi juga mampu menyehatkan tubuh serta meningkatkan hormon endorfin.

4. Mengurangi Konsumsi Makanan Manis

Bagi Anda yang suka dengan makanan manis, disarankan untuk mengurangi kebiasaan buruk tersebut. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi makanan manis dapat merusak kolagen.

Ketika kadar gula naik setelah mengkonsumsi makanan manis, maka hormon insulin juga ikut naik. Jika terlalu banyak hormon insulin dalam tubuh, maka bisa mengakibatkan terjadinya peradangan dalam jaringan, terutama jaringan yang berfungsi dalam produksi kolagen.

Baca Juga: Suntik Vitamin Booster: Manfaat dan Rekomendasi Klinik Terbaik

Dapatkan Infus/Suntik Vitamin dan Kolagen untuk Kulit di Rumah

Dari beberapa jenis makanan yang mengandung kolagen alami untuk kulit, agar memperoleh manfaat maksimal, maka harus diimbangi dengan proses pengolahan yang sehat. Jangan sampai kandungan kolagen serta nutrisi lainnya akan rusak karena proses pengolahan makanan yang salah.

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan kolagen secara alami untuk meningkatkan kesehatan kulit wajah.

Anda juga bisa mendapatkan berbagai layanan suntik atau infus vitamin di rumah dari Vaxine Care. Salah satunya beauty booster yang bisa Anda pilih untuk menjaga kesehatan kulit.

Artikel Lainnya