Suntik Kolagen: Efek Samping hingga Berapa Lama Bertahan

Suntik Kolagen: Efek Samping hingga Berapa Lama Bertahan

Suntik kolagen adalah prosedur kosmetik yang melibatkan penyuntikan kolagen sintetis atau bahan pengisi lainnya ke dalam kulit untuk mengurangi kerutan, meningkatkan elastisitas, dan tekstur halus. Proses ini bertujuan untuk meremajakan kulit dengan menghilangkan tanda-tanda penuaan.

Penyuntikan kolagen ini haruslah dilakukan oleh ahlinya atau profesional. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memperoleh manfaat secara penuh dan mengurangi risiko pasca injeksi. Oleh karena itu, penting juga bagi Anda untuk memahami isi artikel ini sebelum memutuskan untuk mencoba prosedur ini.

Sebagai informasi tambahan, injeksi kolagen ini hanya dapat dilakukan oleh tenaga ahli atau profesional saja. Hal ini disebabkan oleh adanya kemungkinan efek samping yang berisiko bagi kesehatan Anda jika dilakukan oleh tenaga abal-abal.

Baca Juga: Pahami 6 Manfaat Kolagen untuk Wajah agar Terlihat Glowing

Manfaat Suntik Kolagen bagi Tubuh

Dalam berbagai kasus terutama kesehatan dan kecantikan, kolagen punya banyak manfaat bagi kulit. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Injeksi kolagen bertujuan untuk mengisi ruang di bawah kulit yang menyebabkan terbentuknya kerutan dan garis halus. Dengan menyuntikkan kolagen sintetis atau bahan pengisi lainnya, prosedur ini membantu mengisi dan meratakan permukaan kulit, sehingga membuatnya terlihat lebih halus, kencang, dan muda.

2. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Kolagen adalah protein struktural utama dalam kulit yang memberikan kekakuan dan elastisitas. Namun, produksi kolagen alami dalam tubuh cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Dengan menyuntikkan kolagen tambahan ke dalam kulit, prosedur ini membantu meningkatkan elastisitas kulit.

3. Meningkatkan Volume Kulit

Selain merangsang produksi kolagen, beberapa bahan pengisi yang digunakan dalam injeksi kolagen juga dapat membantu mengisi volume yang hilang pada area wajah. Misalnya, di area pipi yang cekung atau di sekitar mulut yang mulai kehilangan volume, prosedur ini dapat memberikan efek mengisi wajah.

4. Memperbaiki Tekstur Kulit

Jika Anda memiliki bekas luka yang sulit hilang, maka suntik kolagen dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dengan mengisi celah dan lubang-lubang kecil tersebut. Dengan meratakan permukaan kulit, prosedur ini membuat kulit terasa lebih halus, lebih lembut, dan lebih merata.

5. Menghidrasi Kulit

Beberapa bahan pengisi kolagen juga memiliki sifat hidrofilik, yang berarti mereka mampu menarik dan menjaga kelembapan kulit. Dengan demikian, prosedur injeksi kolagen juga dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik, meningkatkan kelembutan dan elastisitasnya.

Butuh penjelasan lebih lanjut? Tanyakan langsung ke Dokter Dimas, sebagai salah satu ahli medis kami di Vaxinecare.

Siapa yang Memerlukan?

Penyuntikan kolagen ditujukan untuk Anda yang ingin mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit wajah seperti garis halus, kerutan, dan kehilangan volume. Tetapi, fungsi dari kolagen sendiri sangatlah banyak, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit wajah.
  • Meremajakan kulit, meningkatkan elastisitas, dan memperbaiki tekstur kulit.
  • Perbaikan kulit secara cepat tanpa perawatan yang invasif.
  • Memiliki kulit kendur atau kekurangan kolagen.

Dimana Kolagen Disuntikkan?

Kolagen biasanya disuntikkan ke area wajah yang mengalami kerutan, garis halus, atau kehilangan volume, seperti:

  • Area sekitar mata (bagian bawah mata atau kantung mata).
  • Daerah di sekitar mulut (garis senyum atau garis marionette).
  • Pipi yang mengalami kehilangan volume atau kendur.
  • Area dagu atau rahang yang mengalami kekurangan definisi.
  • Kadang-kadang juga di area leher atau tangan, tergantung pada kebutuhan dan tujuan perawatan.

Berapa Lama Efeknya Bertahan?

Jika ditanya ketahanannya, maka hal ini berhubungan juga dengan berapa kali suntik kolagen itu dilakukan. Suntikan kolagen dapat bertahan sekitar 9 bulan setelah suntikan pertama, 12 bulan setelah suntikan kedua, dan bahkan hingga 18 bulan setelah suntikan ketiga. 

Selain itu, lokasi penyuntikan juga dapat memengaruhi lamanya efek bertahan. Untuk mengurangi kerutan di wajah, touch-up mungkin diperlukan beberapa kali setahun, sementara untuk mengurangi bekas luka, kunjungan setahun sekali atau dua kali mungkin sudah cukup. 

Efek Samping Suntik Kolagen

Efek Samping Suntik Kolagen

Injeksi kolagen memiliki potensi untuk menyebabkan beberapa efek samping. Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin terjadi. Berikut beberapa risikonya:

Baca Juga: 7 Sumber Kolagen Alami untuk Kulit Wajah yang Aman

1. Reaksi Alergi

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap bahan kolagen yang digunakan dalam prosedur. Contoh reaksinya adalah dapat menyebabkan kemerahan, pembengkakan, gatal, atau bahkan ruam kulit.

2. Pembengkakan atau Kemerahan

Saat melakukan suntik kolagen, Anda mungkin akan mengalami pembengkakan atau kemerahan ringan. Namun, reaksi ini umumnya hanya berlangsung sementara dan akan hilang beberapa hari setelahnya. Jika tetap bengkak, maka segeralah menghubungi dokter yang memberikan suntikan kolagen tersebut.

3. Nyeri atau Sensasi Tidak Nyaman

Beberapa orang mungkin mengalami nyeri atau sensasi tidak nyaman di area yang disuntikkan setelah prosedur. Meskipun jarang terjadi, ada kemungkinan pembekuan darah terbentuk di area yang disuntikkan. Ini bisa menjadi masalah serius dan memerlukan perhatian medis segera.

4. Asimetri atau Ketidaksempurnaan

Jika suntikan tersebut dilakukan dengan tujuan mengisi volume pada bagian wajah tertentu, maka selalu ada kemungkinan terjadinya asimetri ini. Biasanya terjadi ketika suntikan tidak merata. Alih-alih membuat fitur wajah sempurna, kesalahan ini bisa membuat wajah jadi semakin tidak simetri.

Hal paling penting dalam melakukan prosedur suntik kolagen adalah menemukan dokter atau petugas medis yang tepat. Sebab, menyuntikkan kolagen tidak boleh dilakukan oleh orang sembarangan. Kabar baiknya, Anda bisa melakukan infus suntik beauty booster di sini! Daftar sekarang juga melalui link ini.

 

Referensi:

https://www.halodoc.com/kesehatan/suntik-kolagen

https://www.halodoc.com/artikel/segala-hal-mengenai-injeksi-kolagen-yang-perlu-diketahui

Artikel Lainnya