Pahami 6 Manfaat Kolagen untuk Wajah agar Terlihat Glowing

Pahami 6 Manfaat Kolagen untuk Wajah agar Terlihat Glowing

Kolagen menjadi salah satu protein tubuh yang kerap kali dihubungkan dengan kecantikan kulit. Hal ini memang benar, dan ada banyak manfaat kolagen untuk kesehatan kulit wajah.

Walaupun tubuh mampu memproduksi kolagen, namun asupan kolagen melalui makanan dan produk skincare juga perlu diperhatikan. Terlebih, saat ini sudah banyak minuman mengandung kolagen bahkan suntik kolagen yang bisa menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Mendapat asupan kolagen dipercaya dapat membuat kulit lebih kencang dan awet muda. Agar lebih memahami manfaat kolagen bagi kesehatan wajah, simak penjelasan berikut.

Baca Juga:  Kenali Glutathione untuk Kulit beserta Manfaatnya

Apa itu Kolagen untuk Wajah?

Kolagen adalah protein yang menyusun tubuh dan berfungsi sebagai struktur pembangunan gigi, tulang, sendi, otot, serta kulit. Protein ini memiliki beragam manfaat untuk kulit, salah satunya adalah dapat mengencangkan kulit.

Kolagen sudah terdapat dalam tubuh manusia. Namun, kolagen alami dalam tubuh harus dirawat karena keelastisannya bisa berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Untuk itu, mengandalkan sumber kolagen yang tercipta alami dalam tubuh tentu saja belum cukup.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama kulit, maka dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung kolagen. Selain konsumsi suplemen, kolagen juga dapat diperoleh dari berbagai bahan makanan yang kaya akan kandungan vitamin B, C, E, mineral, dan omega 3. Contohnya seperti:

  • apel
  • strawberry
  • jeruk
  • brokoli
  • bayam
  • daging ayam
  • ikan salmon
  • putih telur

Mengkonsumsi vitamin alami dinilai jauh lebih aman, karena kita mengetahui apa yang kita makan.

Manfaat Kolagen untuk Wajah

Anda pasti pernah menjumpai di beberapa produk kecantikan yang memanfaatkan kolagen sebagai bahan utamanya. Bahkan, kini sudah tersedia berbagai minuman serbuk kolagen yang dijual di pasaran dan bisa dikonsumsi guna menjaga kesehatan kulit dan wajah.

Selain konsumsi suplemen mengandung kolagen, penggunaan rangkaian produk skincare juga perlu diperhatikan. Pilih skincare yang memiliki kandungan retinol serta tretinoin yang terbukti mampu meningkatkan pembentukan kolagen di wajah.

Berikut beberapa manfaat kolagen untuk kulit wajah yang perlu Anda ketahui:

1. Menjaga Kelembaban Kulit

Kolagen bisa meningkatkan hidrasi kulit yang bisa membuatnya terasa lembut ketika disentuh. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa kolagen sangat berguna untuk mengatasi masalah kulit kering.

Kulit kering memang tidak terlalu berbahaya, namun jika dibiarkan bisa menyebabkan aktivasi eksim, contohnya seperti kemerahan, peradangan, kulit pecah-pecah, hingga gatal. Bagi Anda yang memiliki masalah kulit kering, maka perlu memakai produk kecantikan yang mengandung kolagen di dalamnya.

Dengan begitu, kulit wajah akan terjaga kelembabannya serta bisa terhindar dari kulit kering yang bisa menyebabkan iritasi kulit. Perlu juga dibarengi dengan mengkonsumsi air putih yang cukup.

2. Mengatasi Bekas Jerawat

Jerawat sering kali menimbulkan bekas luka. Perlu diketahui bahwa bekas jerawat diakibatkan oleh rusaknya kolagen pada kulit. Untuk itu, mengkonsumsi kolagen bertujuan untuk memperbaiki jaringan yang bisa menyembuhkan bekas jerawat.

3. Mencegah Penuaan

Kekurangan kolagen juga bisa menyebabkan wajah mudah berkeriput. Terlebih jika sering terkena polusi serta sinar matahari secara langsung. Agar elastisitas kulit tetap terjaga serta terhindar dari tanda-tanda penuaan dini, maka perlu mengkonsumsi makanan atau suplemen yang kaya kolagen.

Hal ini bisa menjadikan kulit semakin kenyal, awet muda, serta mengurangi keriput. Manfaat kolagen untuk wajah memang tidak bisa diragukan. Manfaat kolagen untuk kesehatan wajah dapat diperoleh secara optimal dengan menjalani berbagai perawatan kecantikan.

4. Mencerahkan Wajah

Selain memakai brightening cream, Anda juga perlu memanfaatkan kolagen agar mendapatkan kulit yang jauh lebih cerah. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam amino serta protein yang ada dalam kolagen, sehingga bisa melindungi lapisan kulit luar agar sehat dan halus.

5. Membantu Regenerasi Kulit

Kulit juga mempunyai siklus pergantian yang dinamakan dengan proses regenerasi kulit. Saat sel kulit rusak, maka sel kulit baru yang akan menggantikan. Agar mampu mengganti sel kulit yang mati atau rusak, maka tubuh membutuhkan bantuan dari kolagen.

Proses regenerasi kulit ini menjadikan kulit semakin sehat serta bercahaya. Tanpa adanya kolagen, proses regenerasi kulit tidak bisa berjalan dengan baik.

6. Meratakan Warna Kulit

Kulit wajah yang kusam dapat menghilangkan rasa percaya diri, contohnya seperti ketika kulit mengalami hiperpigmentasi. Hal ini menyebabkan produksi melanin pada kulit menjadi berlebih dari biasanya, karena paparan sinar UV.

Apabila menjaga kecukupan jumlah kolagen dalam tubuh, maka bisa menjadikan warna kulit lebih merata secara menyeluruh. Manfaat kolagen ini sangat ampuh, sehingga banyak produk skincare yang menjadikan kolagen sebagai bahan utama.

7. Mengencangkan Wajah

Kulit yang tampak bergelambir merupakan ciri-ciri kurangnya kolagen dalam tubuh. Meskipun seseorang telah memasuki usia lanjut, tidak menutup kemungkinan mempunyai kulit wajah yang masih kencang apabila kebutuhan akan kolagen tercukupi dengan baik.

Saat usia muda merupakan waktu yang tepat untuk menambah asupan kolagen. Jadi, ketika kebutuhan kolagen untuk kulit telah terpenuhi dengan baik, maka nantinya akan mendapatkan kulit yang lebih kencang meskipun telah menginjak usia lanjut.

Baca Juga:  7 Sumber Kolagen Alami untuk Kulit Wajah yang Aman

Dapatkan Manfaat Kolagen untuk Wajah dengan Aman

Setelah memahami betapa pentingnya manfaat kolagen untuk wajah, maka Anda juga perlu menjalankan pola hidup yang sehat. Anda juga bisa melakukan perawatan yang tepat guna meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Untuk mendapatkan asupan kolagen dengan aman dan cepat, Anda bisa mendapatkan suntik kolagen dari dokter, seperti misalnya di Vaxine Care.

Vaxine Care memiliki layanan beauty booster yang dapat menjaga kesehatan kulit Anda melalui injeksi asupan vitamin. Tak perlu khawatir, semua tindakan kami dilakukan oleh dokter, sehingga terjamin aman untuk tubuh Anda.

Yuk kunjungi halaman produk vitamin booster Vaxine Care untuk informasi lebih lanjut.

Artikel Lainnya