Infus Vitamin Neurobion, Apa Manfaat dan Efek Sampingnya?

Infus Vitamin Neurobion, Apa Manfaat dan Efek Sampingnya?

Menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan menjaga asupan nutrisi, termasuk vitamin dan mineral. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh adalah melalui terapi intravena (IV) atau infus, seperti infus vitamin neurobion.

Dengan infus, pemberian obat atau asupan vitamin bisa masuk langsung ke dalam pembuluh darah, sehingga proses penyerapannya bisa berjalan lebih cepat dan efektif.

Ada banyak jenis cairan infus yang memiliki kandungan berbeda-beda. Salah satunya adalah infus neurobion, yang cairan infusnya berwarna pink.

Pada artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai cairan infus berwarna pink ini, mulai dari pengertian, manfaat, hingga efek sampingnya.

Yuk, ikuti pembahasan berikut!

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri dan Dampak Kekurangan Vitamin B bagi Kesehatan

Apa itu Infus Vitamin Neurobion yang Berwarna Pink?

Nama cairan infus warna pink yang sering ditemui di rumah sakit adalah infus neurobion. Infus neurobion adalah infus yang mengandung vitamin B kompleks, seperti vitamin B1, B6 dan B12.

Kelebihan pemberian asupan vitamin B melalui infus atau terapi intravena ini adalah vitamin B dapat langsung masuk ke dalam aliran darah dan didistribusikan ke seluruh tubuh secara efektif dan cepat.

Cairan infus ini berwarna pink karena adanya campuran neurobion. Karena warnanya yang unik dan menarik, infus neurobion ini sering menarik perhatian orang-orang di rumah sakit.

Vitamin B kompleks memiliki peran penting dalam berbagai fungsi tubuh, seperti metabolisme energi, fungsi saraf, produksi sel darah merah, hingga pemeliharaan kulit, rambut, dan mata yang sehat.

Jika Anda kekurangan vitamin B, maka Anda dapat mengalami gangguan kesehatan, seperti anemia, gangguan saraf, penurunan berat badan, atau depresi.

Pemberian neurobion melalui infus biasanya diberikan di bawah pengawasan tenaga medis yang terlatih, seperti dokter atau perawat, dan dilakukan melalui suntikan intravena.

Apa Manfaat Infus Neurobion Warna Pink?

Manfaat utama dari infus neurobion ini adalah memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks dalam tubuh, dan memberikan dukungan tambahan bagi mereka yang kekurangan vitamin B.

Seperti yang kita tahu, infus vitamin neurobion yang berwarna pink mengandung vitamin B kompleks yang terdiri dari vitamin B1, B6, dan B12. Dengan kandungan tersebut, infus neurobion dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Menjaga kesehatan sistem saraf
  • Mencegah dan mengatasi gejala gangguan saraf
  • Meningkatkan metabolisme energi
  • Membantu produksi sel darah merah

Dengan manfaat tersebut, infus neurobion dapat membantu mengatasi gangguan kesehatan yang disebabkan kekurangan vitamin B, seperti:

  • menurunnya daya tahan tubuh
  • tubuh lemas dan mengalami kelelahan berlebih
  • penurunan berat badan
  • anemia
  • depresi
  • gangguan saraf
  • gangguan ingatan hingga meningkatnya risiko demensia
  • masalah pada kulit dan rambut
  • gangguan kesehatan pada ginjal dan hati

Neurobion mengandung kombinasi vitamin B dalam bentuk infus, sehingga memberikan dukungan cepat dan efektif bagi mereka yang mengalami defisiensi vitamin B.

Sebelum Anda menggunakan infus neurobion atau suplemen lainnya, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga medis yang kompeten, agar bisa terhindar dari efek samping yang mungkin terjadi.

Apa Saja Efek Samping Injeksi Infus Neurobion?

Penggunaan neurobion umumnya tergolong aman dan tidak menyebabkan efek samping serius jika digunakan sesuai arahan dokter. Namun, beberapa orang mungkin mengalami efek samping dengan gejala dan tingkat keparahan yang bervariasi.

Berikut adalah efek samping yang mungkin terjadi dari penggunaan infus neurobion:

  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil
  • Warna urin berubah menjadi kuning cerah
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Gejala alergi seperti ruam, wajah bengkak, hingga sesak napas.

Walau ada beberapa efek samping, namun efek samping yang umum terjadi hanyalah peningkatan frekuensi buang air kecil dan perubahan warna urine yang bersifat sementara. Efek samping lainnya umumnya jarang terjadi.

Ketika menggunakan neurobion injeksi, perlu diingat untuk mengikuti petunjuk dokter agar dapat menghindari kemungkinan efek samping yang tidak diinginkan.

Siapa yang Membutuhkan Cairan Infus Warna Pink Ini?

Infus vitamin neurobion dapat diberikan pada semua orang asalkan sesuai dengan arahan dan rekomendasi dokter. Meski demikian, ada beberapa kelompok orang yang umumnya lebih membutuhkan cairan infus warna pink ini, seperti:

  • Vegan atau orang yang menerapkan gaya hidup vegetarian
  • Ibu hamil
  • Orang yang berusia di atas 50 tahun
  • Orang yang mengonsumsi obat-obatan yang mengurangi vitamin B dalam tubuh
  • Pasien yang telah menjalani operasi bypass lambung

Kelompok orang di atas umumnya membutuhkan asupan vitamin B lebih. Namun konsultasi dokter tetap perlu dilakukan sebelum mendapatkan infus vitamin neurobion.

Baca Juga: Manfaat Suntik Vitamin B Kompleks beserta Prosedurnya

Dapatkan Infus & Suntik Vitamin dari Klinik Terpercaya di Jakarta

Infus vitamin kini semakin populer karena diyakini dapat meningkatkan penyerapan vitamin dalam dosis yang lebih tinggi. Proses ini terjadi secara langsung melalui aliran darah, berbeda dengan penyerapan melalui makanan atau suplemen.

Apabila Anda mengalami gejala kekurangan vitamin B seperti lelah, tubuh lemah, penurunan berat badan, dan stres, segera konsultasikan pada dokter.

Jika Anda membutuhkan infus vitamin B di Jakarta dan sekitarnya, Anda dapat mendapatkannya di Vaxine Care. Kami menawarkan home service, sehingga Anda bisa mendapat infus vitamin B di rumah atau di kantor.

Segera kunjungi halaman Vitamin Booster kami untuk informasi lebih lanjut.

Artikel Lainnya