Terapi IV: Pengertian, Keunggulan hingga Prosedur

Terapi IV: Pengertian, Keunggulan hingga Prosedur

Terapi IV atau intravena merupakan salah satu metode pemberian obat dengan cara infus atau injeksi pada pembuluh darah vena. Kata intravena mempunyai arti “dalam vena”.

Pada dasarnya tidak hanya obat saja yang bisa diinjeksi ke dalam pembuluh vena dengan terapi ini. Nutrisi, cairan, dan vitamin pun juga bisa dimasukkan ke dalam tubuh dengan metode ini.

Lalu, apa saja jenis, keunggulan dan bagaimana prosedur pelaksanaannya? Berikut ini penjelasan lengkapnya!

Baca Juga: Kenali Suntik Vitamin untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Pengertian Terapi IV Vitamin

Terapi intravena (IV) melibatkan penggunaan jarum suntik khusus yang dimasukkan ke dalam vena pasien. Cairan, obat, atau vitamin yang diperlukan kemudian disuntikkan langsung ke dalam aliran darah, yang memungkinkan zat-zat tersebut untuk segera tersedia di seluruh tubuh.

Terapi ini juga memungkinkan dosis yang lebih tinggi atau konsentrasi yang lebih kuat dari zat-zat tersebut untuk dicapai, karena melewati sistem pencernaan dan metabolisme yang bisa mengurangi efektivitasnya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa terapi ini juga dapat digunakan untuk memberi vitamin, atau lebih sering disebut suntik vitamin, infus vitamin atau injeksi vitamin.

Jenis-jenis Terapi IV

Terdapat beberapa jenis terapi intravena vitamin, diantaranya ialah:

  • Suntik Intravena: Dalam metode ini, obat disuntikkan langsung ke kateter menggunakan jarum suntik biasa. Suntik intravena ideal untuk memberikan obat dalam dosis tunggal yang cepat dan efisien.
  • Infus Intravena: Metode ini memungkinkan obat-obatan disalurkan secara terus-menerus ke pembuluh darah melalui kateter. Infus IV dapat dilakukan menggunakan infus pompa untuk pemberian yang terkontrol atau melalui infus tetes untuk dosis yang lebih lambat.

Keunggulan Terapi IV

Adapun keunggulan yang dimiliki metode pengobatan dengan terapi intravena, yakni:

1. Pemulihan Cepat

Terapi intravena dapat mempercepat pemulihan pasien dengan memberikan nutrisi yang diperlukan secara langsung ke dalam tubuh. Hal ini sangat bermanfaat bagi pasien yang mengalami dehidrasi, kekurangan nutrisi, atau ketidakmampuan untuk mengonsumsi makanan.

2. Efisiensi

Dikatakan lebih efisien karena terapi intravena tidak melewati sistem pencernaan sehingga tubuh dapat melakukan penyerapan cairan lebih banyak. Hal ini membuat obat, nutrisi atau cairan lebih mudah sampai ke target organ dengan cepat.

Selain itu, beberapa obat yang dikonsumsi harus mencapai konsentrasi tertentu dalam darah untuk mencapai efek terapeutik yang diinginkan. Dengan menggunakan terapi intravena, obat bisa langsung masuk ke dalam aliran darah dan mencapai konsentrasi yang dibutuhkan.

3. Dapat Digunakan sebagai Pengobatan Gejala

Terapi intravena juga dapat digunakan untuk melakukan pengobatan pada beberapa gejala, seperti mual, muntah, migraine, kelelahan kronis, dan nyeri. Cara ini dilakukan dengan memberi infus yang dapat menghilangkan rasa sakit serta mengurangi ketidaknyaman pasien.

4. Dukungan Kekebalan Tubuh

Metode pengobatan yang satu ini dapat digunakan untuk memberikan asupan vitamin dan mineral yang berperan penting pada sistem kekebalan tubuh. Pemberian asupan vitamin dan mineral akan lebih efisien jika menggunakan terapi intravena ini.

Kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan cara ini melalui Vaxine Care. Dimana Vaxine Care merupakan salah satu klinik yang menyediakan berbagai jenis vitamin dan vaksin. Klinik ini juga menyediakan suntik vitamin atau terapi IV vitamin.

Baca Juga: Suntik Vitamin Booster: Manfaat dan Rekomendasi Klinik Terbaik

Prosedur Terapi IV

Pemasangan terapi intravena hanya dapat dilakukan oleh tenaga medis, baik dokter maupun perawat. Berikut langkah-langkah atau prosedur dalam pemasangan IV:

1. Menentukan Area yang Akan Dipasangi IV

Area yang akan dipasang IV ialah pembuluh darah, maka langkah pertama tenaga medis akan memilih pembuluh darah. Kemungkinan pembuluh darah yang terpilih ialah seperti pergelangan tangan, lengan bawah, punggung tangan, dan bagian atas kaki.

Terkadang ada pasien yang sulit untuk ditemukan pembuluh darah. Jika menjumpai hal ini, tenaga medis akan memakai pemindaian ultrasound untuk memandu jarum menemukan pembuluh darah.

2. Membersihkan Area yang Akan Dipasangi IV

Setelah menemukan area vena yang tepat maka langkah selanjutnya ialah melakukan pembersihan. Dimana pembersihan ini dilakukan dengan menggunakan alkohol swab agar permukaan kulit benar-benar steril.

3. Pemasangan Tourniquet

Tourniquet merupakan tali pembendung yang pemasangannya dilakukan sekitar 3 hingga 4 inci. Dimana pemasangan tali pembendung ini dilakukan pada area tusukan.

4. Pemasangan Kateter IV

Selanjutnya dilakukan pemasangan kateter IV dan dimasukkan ke dalam pembuluh darah menggunakan jarum. Tenaga medis akan melepaskan jarum dan melekatkan selang pada area dekat dengan pemasangan IV.

5. Pemeriksaan

Tenaga medis akan secara teratur melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa infus mengalir dengan baik. Selain itu, penting juga bagi para medis untuk memastikan tidak ada bagian tubuh yang terasa sakit atau bengkak selama pemasangan terapi IV.

Setelah proses infus selesai, maka tenaga medis akan melepaskan kateter dari selang serta mengeluarkannya dari vena. Kemudian memberikan sedikit tekanan untuk mencegah terjadinya pendarahan.

Dapatkan Suntik & Infus Vitamin Terbaik di Jakarta

Terapi IV mempunyai banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh, baik orang sehat maupun pasien. Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki terapi ini karena obat dimasukkan ke dalam pembuluh darah langsung.

Meskipun demikian, pemasangan terapi intravena sebaiknya dilakukan oleh tenaga medis. Hal ini juga berlaku untuk infus atau suntik vitamin. Namun jika Anda mencari suntik atau infus vitamin yang aman di Jakarta, Vaxine Care solusinya!

Vaxine Care merupakan klinik wellness yang menyediakan suntik dan infus vitamin yang dilakukan oleh dokter profesional, sehingga keamanannya terjamin. Anda juga bisa melakukan suntik dan infus vitamin di rumah, dokter Vaxine Care akan langsung datang.

Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi kami di sini.

Artikel Lainnya