Cara Cepat & Ampuh Mengatasi Mabuk Alkohol (Hangover)

Cara Cepat & Ampuh Mengatasi Mabuk Alkohol (Hangover)

Mabuk alkohol merupakan bentuk reaksi tubuh yang diakibatkan karena terlalu banyaknya konsumsi alkohol. Gejala yang ditimbulkan bisa sangat bermacam-macam dan mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi mabuk alkohol atau hangover.

Pada dasarnya kebiasaan konsumsi minuman beralkohol dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Di Indonesia sendiri masih banyak masyarakat yang mempunyai kebiasan mengkonsumsi minum beralkohol. Kondisi mabuk setelah terlalu banyak konsumsi alkohol disebut dengan hangover.

Bagaimana jika sudah terlanjur minum alkohol? Tentu saja, Anda perlu paham gejala mabuk alkohol dan mengenal cara mengatasi mabuk alkohol.

Baca Juga: Terapi IV: Pengertian, Keunggulan hingga Prosedur

Ciri-Ciri/Gejala Mabuk Alkohol (Hangover)

Beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa seseorang sudah mengalami mabuk alkohol atau hangover adalah:

  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Gemetar
  • Tidak sadar mengenai apa yang sedang dilakukan
  • Merasa sensitif terhadap cahaya
  • Detak jantung cepat
  • Vertigo atau sensasi berputar
  • Keringat berlebihan
  • Kehilangan keseimbangan
  • Merasa sangat mengantuk
  • Gangguan penglihatan
  • Kesulitan mengambil keputusan
  • Kesulitan mencerna informasi

Terkadang mabuk alkohol juga akan mengakibatkan darah naik menjadi lebih tinggi dibandingkan biasanya. Hal ini dikarenakan alkohol yang sudah masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi asetaldehida, yang apabila dikonsumsi secara berlebih bersifat racun pada tubuh.

Konsumsi alkohol secara berlebih juga dapat mengganggu aktivitas otak ketika sedang tidur serta mengacak-acak hormon pada tubuh.

Cara Mengatasi Mabuk Alkohol (Hangover)

Mabuk alkohol bersifat sementara atau dapat disembuhkan. Meskipun demikian, konsumsi alkohol secara berlebih akan mempengaruhi kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi dan menghilangkan mabuk alkohol atau hangover:

1. Banyak Minum Air Putih

Alkohol termasuk cairan diuretik yang dapat mengakibatkan tubuh seseorang kehilangan banyak cairan. Maka dari itu, Anda perlu banyak minum air putih untuk mengganti cairan yang terbuang agar Anda tidak mengalami dehidrasi.

Selain itu, penyerapan alkohol dapat diperlambat melalui asupan air putih yang banyak sehingga konsentrasi alkohol dalam darah menurun.

Konsumsi air kelapa juga menjadi alternatif yang bagus untuk mengganti cairan tubuh karena mempunyai kandungan elektrolit yang tinggi.

2. Minum Obat Pereda Nyeri

Cara mengatasi mabuk alkohol yang selanjutnya adalah dengan minum obat pereda nyeri, seperti aspirin atau ibuprofen. Selain dapat meredakan nyeri, obat tersebut juga dapat mengatasi rasa pegal dan sakit kepala akibat mabuk.

Meski demikian, obat pereda nyeri asetaminofen (parasetamol) bisa membahayakan jika kondisi lambung sudah teriritasi oleh alkohol. Oleh karenanya, hindari obat pereda nyeri ini saat dalam kondisi hangover.

3. Makan Sumber Karbohidrat

Pada situs Health Harvard menyatakan bahwa alkohol dapat mengakibatkan kadar gula dalam darah turun. Sakit kepala dan kelelahan ketika mabuk alkohol merupakan gejala yang ditimbulkan akibat gula darah rendah.

Seseorang yang telah mabuk alkohol kondisinya akan semakin parah ketika mereka lupa makan. Konsumsi sumber karbohidrat menjadi alternatif untuk mengembalikan gula darah pada tingkat yang normal.

Oleh karena itu, untuk mengatasi mabuk alkohol Anda perlu makan karbohidrat lebih banyak dari biasanya.

4. Minum Air Jahe

Rasa mual dan sakit perut yang ditimbulkan ketika hangover dapat diatasi dengan konsumsi minuman jahe.

Jahe juga mengandung senyawa antioksidan yang efektif mengurangi risiko stres oksidatif yang ditimbulkan akibat konsumsi alkohol secara berlebih.

5. Konsumsi Vitamin B dan Zinc

Vitamin B dan zinc menjadi salah satu cara mengatasi mabuk alkohol yang cukup efektif. Vitamin dan mineral tersebut dapat mengurangi gejala yang ditimbulkan dari hangover menjadi lebih ringan.

Maka dari itu, disarankan bagi orang yang mabuk alkohol untuk konsumsi makanan yang tinggi kandungan vitamin B dan zinc.

Jika Anda mencari asupan vitamin B dan zinc yang cepat dan aman, Vaxine Care punya solusinya. Hangover Remedy merupakan salah produk dari Vaxine Care yang berfungsi untuk mengatasi mabuk alkohol.

Vitamin booster ini disajikan dalam bentuk suntik atau infus sehingga proses pemulihan lebih efektif dan cepat. Hangover Remedy mempunyai kandungan vitamin B kompleks 5000 mg serta anti nausea.

Segera hubungi Vaxine Care untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan.

6. Tidur yang Cukup

Gejala hangover dan sakit kepala akan semakin parah jika tidur tidak tercukupi. Maka dari itu, Anda sebaiknya istirahat dengan cukup saat mabuk.

Sebagian besar energi orang akan terbuang banyak saat mabuk alkohol, sehingga Anda perlu tidur yang cukup untuk mengembalikan energi tersebut.

7. Hindari Junk Food

Timbul rasa lapar setelah mengkonsumsi alkohol merupakan hal yang wajar. Namun, mengkonsumsi junk food sangat tidak direkomendasikan untuk orang yang sedang mabuk alkohol. Pasalnya, junk food justru akan memperburuk kondisi hangover.

Jantung bekerja lebih keras ketika mabuk alkohol. Sedangkan konsumsi junk food juga akan mengakibatkan jantung bekerja lebih keras juga.

Selain itu, kandungan minyak yang tinggi pada junk food dapat memicu sakit perut.

8. Hindari Kopi

Seringkali seseorang setelah semalaman mabuk alkohol, paginya justru meminum kopi agar tetap terjaga. Hal tersebut sangat tidak direkomendasikan karena kafein dari kopi dan sisa alkohol akan memicu sakit kepala yang parah.

Kandungan kafein pada kopi dapat mengakibatkan pembuluh darah di kepala menyempit. Sedangkan terdapat dorongan aliran darah yang semakin kencang akibat alkohol. Kondisi tersebut sangat tidak nyaman dirasakan.

Baca Juga: Kenali Suntik Vitamin untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara Mengatasi Mabuk Alkohol dengan Suntik/Infus Vitamin

Beberapa cara mengatasi mabuk alkohol tersebut tidak secara langsung dapat menyembuhkan kondisi hangover. Oleh karenanya diperlukan penanganan yang tepat dan terpercaya agar bisa segera pulih.

Salah satu alternatif terbaik hangover adalah dengan suntik/infus vitamin B kompleks dan anti nausea yang dalam pengawasan oleh dokter. Dengan metode suntik/infus, vitamin bisa lebih cepat dan efektif terserap oleh tubuh, sehingga efeknya lebih cepat terasa.

Jika Anda membutuhkan suntik/infus vitamin ini, Anda bisa mendapatkannya di Vaxine Care yang menyediakan fasilitas home service.

Dengan demikian, Anda yang masih dalam kondisi hangover tidak perlu pergi keluar, dan dokter akan datang langsung ke rumah Anda.

Segera hubungi Vaxine Care untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut.

Artikel Lainnya