Vitamin B12 Injeksi, Manfaat hingga Dosisnya

Vitamin B12 Injeksi, Manfaat hingga Dosisnya

Salah satu gizi yang memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh yaitu vitamin B12. Jenis vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga Anda bisa mendapatkannya dari vitamin B12 injeksi.

Beberapa peran penting vitamin B12 diantaranya membantu membentuk sel darah merah, fungsi kognitif, memperbaiki fungsi saraf, dan melancarkan metabolisme energi. Vitamin ini juga memiliki nama lain kobalamin dan tergolong dalam kelompok vitamin B kompleks.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai apa itu vitamin B12, manfaat vitamin ini, dan bagaimana dosis yang disarankan.

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri dan Dampak Kekurangan Vitamin B bagi Kesehatan

Apa yang Dimaksud dengan Vitamin B12?

Vitamin B12 atau kobalamin merupakan sejenis vitamin yang memiliki manfaat untuk membentuk sel darah merah, menghasilkan energi, mengoptimalkan fungsi saraf, dan menjaga kesehatan kulit.

Jenis vitamin ini tidak bisa diproduksi sendiri dalam tubuh. Biasanya vitamin ini terkandung secara alami dalam makanan dan juga tersedia dalam bentuk suplemen tambahan.

Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin B12 diantaranya adalah kerang, ikan, daging, hati, keju, yoghurt, telur, dan susu.

Anda bisa mendapatkan vitamin B12 dengan mengonsumsi makanan di atas secara rutin setiap harinya. Jika Anda membutuhkan asupan yang besar, Anda bisa mendapatkannya dari suplemen vitamin B12 injeksi yang disediakan oleh tenaga kesehatan.

Mengapa Perlu Injeksi Vitamin B12?

Pada umumnya, orang yang membutuhkan prosedur suntik vitamin B12 dikarenakan mengalami defisiensi, malnutrisi, atau mengidap gangguan penyakit tertentu seperti.

  • kanker
  • HIV
  • celiac
  • anemia

Selain pasien yang mengalami gangguan penyakit, kekurangan vitamin B12 juga dirasakan oleh para pecandu alkohol, dan lansia.

Bagi pasien yang telah menjalani operasi pengangkatan usus halus atau lambung, mereka juga memerlukan vitamin B12 untuk memaksimalkan kinerja metabolisme tubuhnya.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan masalah anemia pernisiosa atau neurologis.

Oleh karenanya, asupan vitamin B12 secara oral atau injeksi diperlukan dengan jumlah yang cukup. Namun jika kondisinya sudah cukup parah, vitamin B12 secara injeksi mampu meningkatkan kadar vitamin ini dengan lebih efektif dan cepat.

Manfaat Vitamin B12 Injeksi

Untuk sebagian orang mungkin bisa mendapatkan kandungan vitamin B12 dari makanan bergizi. Namun, bagi pasien yang mengalami defisiensi akan memerlukan bantuan suntik vitamin B12.

Berikut ini manfaat penting melakukan injeksi vitamin B12:

1. Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Organ otak sangat memerlukan kandungan mineral dan vitamin dalam jumlah besar supaya bisa selalu sehat. Salah satu adalah vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin B12.

Vitamin ini bermanfaat untuk membantu neuron meregenerasi sel saraf, sehingga kemampuan otak lebih cepat terkoneksi dengan baik.

2. Metabolisme Tubuh Seimbang

Suntikan vitamin B12 bermanfaat untuk membuat metabolisme dalam tubuh berjalan seimbang. Dengan jumlah vitamin B12 yang cukup, proses pembakaran kalori dalam tubuh lebih optimal.

Dampaknya adalah Anda bisa lebih bersemangat dalam menjalani hari karena tubuh dapat menghasilkan energi dengan baik.

3. Mencegah Penyakit Anemia

Pada umumnya penyakit anemia akan membuat seseorang mudah lelah, tidak bersemangat, dan wajah sering pucat.

Bagaimana cara mencegahnya? Anda bisa menambah vitamin B12 untuk membantu mengangkut oksigen dan nutrisi ke semua sel, sehingga tidak mudah kelelahan.

4. Kualitas Tidur Terjaga

Suntik vitamin B12 juga dapat membantu produksi melatonin dalam tubuh. Hormon tersebut punya peran penting untuk mengontrol pola tidur lebih terjaga, sehingga Anda lebih mudah tertidur. Jika kekurangan vitamin B12, maka insomnia akan lebih rentan terjadi.

5. Mood Lebih Baik

Apakah Anda sering mengalami susah fokus dan depresi terhadap suatu masalah? Salah satu penyebabnya karena kekurangan vitamin B12.

Suntikan vitamin ini akan memproduksi serotonin, dopamin, dan melatonin yang mempengaruhi mood seseorang jauh lebih baik, fokus, dan tenang.

Baca Juga: Suntik Vitamin D, Apa Manfaat dan Efek Sampingnya?

Apakah Boleh Suntik Vitamin B12 Secara Rutin?

Memang baru-baru ini muncul tren selebritas yang melakukan suntik vitamin B12 secara rutin. Lalu bagaimana pendapat para ahli?

Dilansir dari Klik Dokter, Dr. Theresia Rina Yunita menuturkan bahwa suntik vitamin B12 rutin perlu diberikan bagi mereka yang mengalami defisiensi secara medis.

Meskipun begitu, vitamin B12 injeksi tidak akan menimbulkan dampak berbahaya bagi Anda yang rutin melakukannya walaupun dalam kondisi sehat. Namun, sebaiknya pemberian injeksi vitamin B12 sesuai dengan rekomendasi dokter.

Suntik vitamin B12 sebaiknya dihindari oleh wanita hamil dan menyusui karena bisa menimbulkan efek samping bagi bayi.

Efek Samping Injeksi Vitamin B12

Vitamin ini memiliki risiko overdosis yang sangat rendah. Namun, ada efek samping lain yang bisa saja terjadi setelah melakukan suntik vitamin ini, seperti rasa nyeri, gatal, dan kemerahan di lokasi suntik dan diare ringan.

Selain itu, ada juga efek samping yang perlu diwaspadai dan ditangani segera jika terjadi, seperti:

  • Sakit kepala parah
  • Sulit bernapas karena sesak
  • Detak jantung tidak teratur
  • Penglihatan terganggu secara tiba-tiba
  • Sulit berbicara dengan jelas
  • Otot mengalami kram
  • Rasa gatal dan bengkak pada wajah, tenggorokan, lidah, atau kaki
  • Kelelahan yang parah

Segera hubungi dokter jika Anda mengalami gejala di atas untuk mendapatkan penanganan segera.

Dosis Terbaik Injeksi Vitamin B12

Bagi Anda yang menderita defisiensi vitamin B12, perlu melakukan injeksi setiap hari dalam kurun waktu tertentu. Baru selanjutnya bisa tiap minggu bahkan rutin sebulan sekali.

Berikut adalah dosis yang disarankan untuk diberikan pada masing-masing kondisi kesehatan:

  • Defisiensi Vitamin B12:
    • Dewasa 25 – 2.000 mcg/hari
    • Anak-anak: 0,5 – 3 mcg/hari
  • Anemia Pernisiosa:
    • Dewasa : 2.000 mcg/hari
    • Anak-anak: 1.000 mcg/hari
  • Anemia Megaloblastik: 50 – 150 mcg/hari

Baca Juga: Infus Vitamin Neurobion, Apa Manfaat dan Efek Sampingnya?

Penuhi Asupan Vitamin B12 dengan Infus Vitamin di Jakarta

Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan, pemberian injeksi vitamin B12 sangat penting khususnya bagi mereka yang mengalami defisiensi. Selain itu, vitamin ini dapat menjaga mood, kualitas tidur, dan mencegah anemia.

Jika Anda membutuhkan infus vitamin yang aman dan terjamin, Anda bisa mendapatkannya di Vaxine Care. Vaxine Care merupakan klinik wellness yang menyediakan layanan suntik dan infus vitamin home service untuk beragam kebutuhan.

Setiap tindakan yang dilakukan oleh Vaxine Care dilakukan oleh dokter profesional, sehingga keamanan Anda terjamin.

Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi Vaxine Care untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Artikel Lainnya