Vaksin HPV untuk Usia Berapa? Ini Rekomendasinya

Vaksin HPV untuk Usia Berapa Vaxine Care

Vaksin HPV untuk usia berapa mungkin masih banyak yang belum tahu, padahal vaksin tersebut sangat berguna untuk pencegahan kanker serviks.

Vaksinasi Human Papillomavirus (HPV) menjadi jenis vaksin yang sangat bermanfaat untuk kaum hawa. Vaksin ini bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker serviks. Pertanyaannya, vaksin HPV untuk usia berapa, apakah harus sudah dewasa atau bisa dimulai sejak remaja?

Menurut beberapa sumber, HPV adalah jenis vaksin untuk anak-anak dan para remaja. Sedangkan vaksin HPV untuk wanita dewasa yang sudah pernah berhubungan seksual, juga sebaiknya mendapatkan suntikan tersebut.

Lalu, apa itu vaksin HPV? Berapa usia yang tepat untuk mendapat vaksin ini? Yuk langsung saja kita bahas pertanyaan-pertanyaan tersebut!

Baca Juga: 3 Vaksinasi Penting Sebelum Berangkat Umroh atau Naik Haji

Apa Itu Vaksin HPV?

vaksin hpv untuk usia berapa

Vaksin HPV adalah vaksin yang bertujuan untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus Human Papillomavirus atau disingkat HPV.

Cara penularan infeksi virus ini paling sering disebabkan oleh hubungan seksual. Setidaknya 50% pria dan wanita yang pernah berhubungan seksual pernah terinfeksi virus HPV.

Apa itu virus HPV?

Virus HPV adalah virus yang menyebabkan penyakit, seperti:

  • Kanker serviks
  • Kanker penis
  • Kanker anus
  • Kanker tenggorokan
  • Kutil pada organ kelamin, kaki dan juga tangan.

Virus tersebut hidupnya berada di sel-sel kulit yang telah mati dan jenisnya ada lebih dari 100. Dari jumlah itu, setidaknya ada 60 jenis virus HPV yang dapat menginfeksi kaki serta tangan.

Sedangkan 40 jenis sisanya akan menginfeksi pada kelamin dan memicu munculnya semacam kutil. Tindakan pencegahan yang paling efektif agar virus HPV  tidak bisa menginfeksi adalah dengan mendapatkan vaksin HPV.

Infeksi yang disebabkan oleh virus HPV seringkali memang tidak menunjukkan gejala yang dapat dilihat kasat mata. Namun, dampak yang ditimbulkan tidak jarang sangat berbahaya dan sering menyebabkan kematian.

Pada tahun 2023 ini, Kementerian Kesehatan RI telah menargetkan pemberian vaksin HPV kepada 2,7 juta anak-anak, sebagai upaya untuk mencegah kanker serviks dan penyakit lainnya. Vaksin tersebut akan diberikan kepada anak-anak usia SD.

Vaksin HPV untuk Usia Berapa?

vaksin hpv untuk usia berapa

Kembali ke pertanyaan awal, sebaiknya vaksin HPV untuk usia berapa?

Rentang usia yang direkomendasikan untuk menerima suntikan HPV adalah sekitar 9-13 tahun, atau ketika seseorang sudah aktif melakukan hubungan seksual.

Meskipun vaksin HPV untuk usia berapa paling tepatnya adalah sekitar usia SD, tapi bukan berarti wanita usia remaja dan dewasa tidak boleh mendapatkannya. Tidak ada kata terlambat untuk mendapatkan suntikan vaksin HPV.

Bagi orang yang sudah lebih dewasa usianya dan telah aktif secara seksual, dapat melakukan suntik HPV hingga umurnya mencapai 26 tahun.

Bagaimana dengan mereka yang sudah berusia lebih dari 26 tahun?

Meskipun kurang direkomendasikan, tapi bagi yang telah berumur 27-45 tahun dan belum pernah memperoleh vaksin HPV maka dapat melakukan konsultasi dengan dokter, apalagi jika sudah berhubungan seksual.

Baca Juga: Kenali Pengertian, Prosedur, Dosis, dan Jarak Vaksin HPV

Fakta Penting Terkait Vaksin HPV untuk Usia Berapa

vaksin hpv untuk usia berapa

Selain informasi vaksin HPV untuk umur berapa, ada fakta-fakta lain yang perlu diketahui terkait pemberian vaksin HPV.

1. Umur yang Direkomendasikan

Umur ideal seseorang untuk divaksin HPV adalah sekitar 9-13 tahun ataupun sudah pernah melakukan hubungan seksual. Untuk mengakomodir kebutuhan vaksinasi HPV ini, maka pemerintah telah menjadwalkan pelaksanaannya melalui program BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah).

BIAS dilaksanakan pada setiap bulan Agustus di sekolah-sekolah, terutama tingkat SD, kelas 5-6. Vaksin HPV tersebut diberikan secara gratis, karena anak-anak kelas 5-6 SD termasuk pada golongan usia sasaran wajib vaksinasi.

Sedangkan bagi mereka yang sudah tidak termasuk golongan wajib vaksinasi dapat melakukannya secara mandiri melalui rumah sakit ataupun klinik.

Mengapa vaksin HPV diberikan sejak usia anak-anak?

Karena sebaiknya vaksin HPV diberikan sebelum seseorang melakukan hubungan seksual.

2. Dosis Pemberian Vaksin

Bukan hanya tentang vaksin HPV untuk usia berapa yang sebaiknya diketahui oleh masyarakat, tetapi juga pemberian dosis vaksin yang benar. Dosis vaksin HPV yang diberikan pada anak usia 9-13 tahun adalah sebanyak 2 kali.

Rentang waktu atau jarak pemberian vaksin ini adaalah 6 bulan. Sebagai contoh, jika suntikan pertama dilakukan pada bulan April 2023, maka dosis yang kedua akan diterima atau dilakukan pada bulan Oktober 2023.

Sedangkan untuk pemberian pada usia lebih dari 13 tahun, dosisnya bisa berbeda-beda tergantung dari jenis vaksin yang diterima. Namun secara umum, vaksin ini diberikan sebanyak 3 dosis dalam periode 6 bulan, yaitu pada bulan ke-0, ke-2, dan ke-6.

Sebagai contoh, jika dosis pertama didapatkan pada bulan April 2023, maka pemberian dosis kedua dilakukan pada Juni 2023, dan dosis ketiga pada Oktober 2023.

3. Vaksin HPV untuk Pria

Meskipun kebanyakan vaksinasi HPV dilakukan dengan tujuan untuk mencegah penyakit kanker serviks yang diderita oleh wanita, bukan berarti pria tidak membutuhkan vaksinasi HPV. Pria juga bisa mengalami infeksi yang disebabkan oleh virus HPV dan dapat menimbulkan penyakit.

Contoh penyakit yang disebabkan oleh virus HPV dan dapat menjangkiti pria, misalnya kutil kelamin, kanker anus, kanker penis dan kanker tenggorokan. Pria juga bisa terinfeksi oleh virus HPV akibat berhubungan seksual dengan wanita yang sudah terinfeksi dan tidak melakukan vaksinasi.

Baca Juga: Vaxine Care: Klinik Vaksin Jakarta, Layanan & Dokter Terbaik

Manfaat Vaksinasi HPV 

  • Mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh HPV.
  • Melindungi kesehatan anak di masa depan.
  • Meningkatkan kualitas hidup.
  • Mengurangi biaya pengobatan.

Efek Samping Vaksinasi HPV

  • Efek samping umumnya ringan dan hilang dengan sendirinya, seperti nyeri, kemerahan, dan bengkak di tempat suntikan.
  • Efek samping yang serius sangat jarang terjadi.

Dapatkan Vaksin HPV di Rumah

Pembahasan tentang vaksin HPV untuk usia berapa di atas akan membantu Anda, baik wanita ataupun pria, untuk mencegah terinfeksi penyakit kelamin, terutama yang disebabkan oleh virus HPV.

Vaksin HPV sebaiknya didapatkan sedini mungkin, yaitu pada umur 9-13 tahun. Meski demikian, vaksin ini masih bisa didapatkan pada usia lebih dari 13 tahun. Untuk Anda yang berusia lebih dari 26 tahun, Anda bisa berkonsultasi ke dokter sebelum mendapat vaksin ini.

Klinik Vaksin Vaxine Care dapat membantu Anda mendapat vaksin HPV sekaligus konsultasi dengan dokter profesional yang berdedikasi di bidang vaksinasi. Di Vaxine Care, Anda juga bisa melakukan vaksin HPV di rumah yang dilakukan oleh dokter tanpa biaya tambahan.

Segera lakukan registrasi vaksinasi HPV di Vaxine Care, klinik vaksin dan wellness terbaik di Jakarta yang dilengkapi dengan dokter berpengalaman di bidang vaksinasi HPV. Ingin informasi lebih lanjut? Hubungi kami di sini.

 

Reference: 

Artikel Lainnya