Suntik & Infus Vitamin C: Tujuan, Manfaat, Dosis, dan Risiko

Suntik Infus Vitamin C Vaxine Care

Vitamin C adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan kulit, gigi, tulang, dan pembuluh darah. Nutrisi ini juga membantu sistem kekebalan tubuh. Salah satu cara untuk memperoleh adalah melalui suntik infus vitamin C. 

Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan suntik infus vitamin C, penting untuk mengetahui manfaat, tujuan, dosis, dan risiko yang terkait dengan penggunaannya. Dengan begitu Anda bisa menentukan sendiri apakah akan menggunakannya atau tidak.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Suntik Vitamin C untuk Jerawat dan Kulit

Manfaat dan Tujuan dari Suntik & Infus Vitamin C

Melakukan vitamin C booster ternyata memiliki manfaat atau tujuan yang cukup banyak. Sebelum memutuskan untuk menggunakannya, simak pembahasan di bawah ini.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Suntik dan infus vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu produksi sel darah putih yang dapat melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh. 

Dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka tubuh akan lebih mudah melawan infeksi dan penyakit.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Suntik dan infus vitamin C juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin C membantu dalam produksi kolagen, yaitu protein yang membuat kulit lebih elastis dan kencang. Dengan meningkatkan produksi kolagen, maka kulit akan terlihat lebih sehat dan bercahaya.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Suntik dan infus vitamin C juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Vitamin C membantu produksi kolagen, yang merupakan komponen utama dalam penyembuhan luka. Dengan meningkatkan produksi kolagen, maka luka akan lebih cepat sembuh.

4. Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Gusi

Suntik dan infus vitamin C juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C membantu dalam produksi kolagen, yang juga merupakan komponen utama dalam jaringan ikat pada gigi dan gusi. Dengan meningkatkan produksi kolagen, maka gigi dan gusi akan lebih sehat dan kuat.

5. Membantu Pembakaran Lemak

Suntik dan infus vitamin C juga dapat membantu dalam pembakaran lemak. Vitamin C membantu dalam produksi karnitin, yaitu zat yang membantu tubuh membakar lemak menjadi energi. Dengan meningkatkan produksi karnitin, maka tubuh akan lebih efektif dalam membakar lemak.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Suntik dan infus vitamin C juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV. 

Dengan menjaga kesehatan mata, maka kita dapat terhindar dari berbagai penyakit mata yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Injeksi serta infus vitamin C juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Vitamin C membantu dalam mengurangi peradangan dan memperbaiki kondisi pembuluh darah. Dengan menjaga kesehatan pembuluh darah, maka risiko terkena penyakit jantung akan semakin kecil.

Dosis Infus dan Suntik Vitamin C

Dosis suntik infus vitamin C dapat berbeda-beda tergantung pada tujuan penggunaannya. Untuk menjaga kesehatan tubuh, dosis yang dianjurkan adalah sekitar 500 mg hingga 1000 mg per hari. 

Sedangkan untuk meningkatkan kesehatan kulit dan penyembuhan luka, dosis yang dianjurkan adalah sekitar 2000 mg hingga 3000 mg per hari.

Namun, dosis yang terlalu tinggi dapat menyebabkan efek samping seperti diare, mual, dan sakit kepala. Karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan layanan kesehatan vitamin C booster ini.

Risiko dari Booster Vitamin C

Meskipun booster vitamin C memiliki manfaat yang banyak, penggunaannya juga dapat menyebabkan risiko tertentu. Beberapa risiko yang terkait dengan penggunaan suntik infus vitamin C antara lain:

1. Overdosis Vitamin C

Vitamin C tergolong sebagai vitamin yang larut dalam air, yang berarti bahwa tubuh manusia akan mengekskresikannya melalui urin jika terdapat kelebihan asupan. 

Namun, ketika terlalu banyak vitamin C dikonsumsi dalam waktu singkat, ini dapat menyebabkan keracunan yang disebut dengan hipervitaminosis C. Gejala hipervitaminosis C termasuk diare, mual, muntah, sakit kepala, dan gangguan ginjal.

2. Merusak Fungsi Ginjal

Jika terlalu banyak vitamin C disuntikkan atau diberi infus ke dalam tubuh, dapat merusak fungsi ginjal. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa ginjal harus memproses dan mengeluarkan kelebihan vitamin C dari tubuh. Jika terlalu banyak vitamin C yang harus diproses, ginjal dapat mengalami kerusakan yang serius.

3. Efek Samping pada Saluran Pencernaan

Suntikan atau infus vitamin C juga dapat menyebabkan efek samping pada saluran pencernaan. Beberapa orang melaporkan mengalami sakit perut, kembung, dan diare setelah menerima suntikan atau infus vitamin C. Hal ini mungkin disebabkan oleh kelebihan vitamin C yang tidak dapat diserap oleh tubuh.

4. Alergi

Beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi terhadap vitamin C yang disuntikkan atau diberi infus. Gejala alergi yang mungkin muncul termasuk ruam kulit, gatal, dan sulit bernapas. Jika Anda memiliki riwayat alergi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menerima suntikan atau infus vitamin C.

5. Infeksi

Jika alat yang digunakan untuk melakukan suntikan atau infus tidak steril, dapat menyebabkan infeksi. Infeksi ini dapat menyebabkan rasa sakit, kemerahan, dan pembengkakan pada area yang disuntikkan atau diberi infus.

Infeksi yang lebih serius juga dapat terjadi jika bakteri masuk ke dalam aliran darah. Melihat risiko yang cukup besar ini prosedur untuk suntik infus ini harus dilakukan dengan tepat dan ditangani oleh mereka yang memang benar-benar ahli.

6. Kerusakan pada Pembuluh Darah

Suntikan atau infus vitamin C dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah jika tidak dilakukan dengan benar. Hal ini terutama terjadi jika suntikan atau infus dilakukan oleh seseorang yang tidak terlatih. 

Menetesnya vitamin C ke dalam jaringan sekitarnya dapat menyebabkan pembengkakan atau terbentuknya bekas di tempat suntikan atau infus. Pada kasus yang lebih serius, kerusakan pada pembuluh darah dapat menyebabkan terjadinya trombosis atau penggumpalan darah di pembuluh darah.

7. Pengaruh pada Kelarutan Garam

Beberapa suntikan atau infus vitamin C dilakukan dengan mencampurkan vitamin C dengan garam. Namun, campuran ini dapat menyebabkan perubahan pada kelarutan garam. 

Hal ini dapat mempengaruhi pengaruh yang dihasilkan oleh garam, dan dapat berdampak negatif pada kesehatan. Itulah kenapa dosis yang diberikan harus sesuai dan tidak boleh berlebihan. Selain itu, akan lebih aman jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Suntik & Infus Vitamin C Aman di Vaxine Care

Salah satu ketakutan terbesar saat melakukan suntik infus vitamin c adalah berbagai jenis risiko yang sudah disebutkan di atas. Risiko itu bisa mengenai siapapun baik sengaja ataupun tidak sengaja.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena suntik & infus vitamin C di Vaxine Care dilakukan oleh dokter profesional.

Apabila membutuhkan booster vitamin c karena ingin meningkatkan daya tahan tubuh yang terjamin keamanannya, pilih layanan yang diberikan oleh Vaxine Care.

Vaxine Care menyediakan layanan suntik atau infus vitamin C dengan dosis yang tepat serta prosedur yang sesuai dan sesuai dengan standar kesehatan. 

Baca Juga: Manfaat Suntik Vitamin B Kompleks beserta Prosedurnya

Memiliki masalah daya tahan tubuh? Sangat disarankan untuk melakukan booster dan infus vitamin C booster di Vaxine Care yang memiliki berbagai macam manfaat.

Segera lakukan reservasi dengan Vaxine Care melalui halaman kontak yang tersedia.

Artikel Lainnya