Perlukah Suntik Vitamin Immune Booster? Ini Manfaatnya!

Perlukah Suntik Vitamin Immune Booster? Ini Manfaatnya!

Untuk menjamin agar tubuh tetap sehat dan fit maka tubuh harus memiliki imunitas yang kuat. Oleh karena itu, daya tahan tubuh harus dijaga dengan cara mengonsumsi makanan bergizi dan menjalani pola hidup sehat. Pada kondisi tertentu, suntik immune booster diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Injeksi imun booster hanya bisa dilakukan di unit pelayanan kesehatan saja setelah melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan. Suntik ini dibutuhkan oleh orang dengan kekebalan tubuh yang rendah, misalnya orang yang kurang istirahat berhari-hari ataupun karena memaksa diri untuk bekerja berlebihan.

Immune booster mengandung asam askorbat atau yang biasa dikenal sebagai vitamin C. Vitamin C tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga perlu asupan vitamin tambahan dari luar tubuh. Dibandingkan mengkonsumsi vitamin C bentuk tablet vitamin atau minuman, suntik vitamin C memiliki efek lebih kuat dan efektif.

Apa Itu Suntik Immune Booster?

Suntik immune booster adalah proses pemberian cairan suntikan yang umumnya berisi vitamin C ke dalam tubuh melalui pembuluh darah intravena (IV). Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

Konsentrasi vitamin C yang umumnya disuntikan berkisar 500-1.000 miligram. Vitamin C akan disuntikan oleh tenaga kesehatan melalui pembuluh darah atau intravena. Lokasi disuntikannya immune booster sendiri berbeda-beda tergantung kepada kebutuhan setiap orang.

Ketika vitamin C disuntikkan ke dalam tubuh, maka vitamin C akan membersihkan berbagai racun yang ada di dalam tubuh, serta mengoptimalkan kinerja organ tubuh yang lain.

Jika Anda membutuhkan suntik immune booster, kami merekomendasikan vitamin booster dari Vaxine Care yang aman dan dilakukan oleh dokter. Cek halaman layanan Vitamin Booster untuk informasi lebih lanjut.

6 Manfaat Utama Suntik Vitamin Booster

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menjalani prosedur suntik immune booster. Selain bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh, injeksi imun booster ternyata juga memiliki segudang manfaat lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Memperbaiki Sistem Imun Tubuh

Suntik immune booster mengandung vitamin C yang merupakan zat antioksidan terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh melawan berbagai macam penyakit akibat paparan radikal bebas.

Vitamin C juga berguna untuk merangsang pembentukan sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Sel darah putih atau leukosit berguna untuk melawan berbagai mikroorganisme seperti bakteri dan virus penyebab infeksi.

2. Membantu Menurunkan Kolesterol

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi vitamin C dengan kadar 500 mg per harinya ternyata mampu untuk menurunkan kadar kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dan trigliserida.

Trigliserida dan LDL adalah kolesterol jahat yang bisa menimbulkan plak di pembuluh darah sehingga mengganggu sistem peredaran darah dalam tubuh. Oleh karena itu konsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup sangat disarankan untuk penderita kolesterol tinggi.

3. Mencegah Penyakit Asam Urat

Asam urat sebenarnya merupakan senyawa yang bermanfaat bagi tubuh untuk mengurai purin. Namun dalam kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk dalam tubuh hingga membentuk kristal urat yang tajam dan terasa seperti jarum menusuk di persendian.

Hal ini terjadi ketika tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang terlalu banyak, atau karena gangguan ginjal yang tidak mampu membuang lebih banyak asam urat.

Untuk mencegah terjadinya penyakit akibat tumpukan asam urat, konsumsi vitamin C sangat dianjurkan. Vitamin C mampu merangsang ginjal agar bekerja lebih cepat sehingga asam urat dapat terbuang lewat urin.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi ternyata disarankan untuk mendapat asupan vitamin C yang mencukupi setiap harinya. Vitamin C mampu merangsang ginjal agar mengeluarkan urin lebih banyak dari dalam tubuh.

Cairan dan zat yang ikut keluar bersama urin akan mengendurkan dinding pembuluh darah sehingga tekanan darah tinggi bisa dikontrol.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat vitamin C selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Konsumsi vitamin C secara rutin dapat mendorong produksi kolagen, yakni protein yang merupakan pembentuk struktur kulit. Vitamin C yang merupakan antioksidan berperan untuk melindungi sel kulit dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Produksi kolagen pada kulit akan terus menurun seiring pertambahan usia. Sehingga disarankan untuk rutin mengkonsumsi vitamin C agar produksi kolagen tetap terjaga meski usia sudah 35 tahun ke atas.

6. Membantu Mengurangi Risiko Flu

Vitamin C bermanfaat untuk mengurangi risiko flu mencapai 50%. Durasi gejala flu pada orang dewasa bahkan bisa berkurang hingga 8% dengan mengkonsumsi vitamin C 200 mg tiap harinya. Sementara pada anak-anak, durasi gejala flu bisa berkurang hingga 14%.

Kapan dan Siapa yang Perlu Suntik Immune Booster?

Memperoleh injeksi imun booster dianjurkan saat sistem daya tahan tubuh sedang tidak fit atau menurun. Memperoleh injeksi vitamin C sangat cocok untuk siapa saja yang sibuk dan memiliki aktivitas harian yang padat.

Orang yang bisa mendapatkan suntik immune booster adalah mereka yang sudah berusia 17 tahun ke atas atau dewasa muda hingga kelompok lanjut usia. Untuk mereka yang sedang hamil, dibutuhkan konsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan mengenai apakah boleh mendapatkan suntikan immune booster.

Meski memiliki banyak manfaat, suntik immune booster perlu diawasi oleh dokter agar dosisnya tidak berlebihan. Oleh karenanya, pilih fasilitas kesehatan yang resmi dan setiap layanannya diawasi oleh dokter.

Klinik Vaksinasi dan Wellness Vaxine Care merupakan klinik yang menyediakan suntik vitamin booster yang diawasi oleh dokter profesional untuk memastikan keamanannya. Sebelum menerima vitamin booster, Dokter akan memastikan bahwa Anda boleh menerimanya. Anda juga bisa suntik immune booster dari rumah.

Segera hubungi Tim Vaxine Care untuk informasi lebih lanjut.

Telah ditinjau oleh: dr. Yenny Tirtaningrum

Artikel Lainnya