Suntik Vitamin D, Apa Manfaat dan Efek Sampingnya?

Suntik Vitamin D, Apa Manfaat dan Efek Sampingnya?

Banyak orang yang lebih mengenal asupan vitamin D berbentuk tablet atau kapsul. Namun, ada cara lain untuk mendapatkan manfaat vitamin D, yaitu dengan melalui suntik.

Vitamin D bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Asupan vitamin D juga berperan dalam siklus sel manusia.

Ketika terkena matahari secara langsung, tubuh secara alami dapat memproduksi vitamin D. Selain dari sinar matahari, asupan vitamin D juga bisa diperoleh dari suplemen serta makanan yang dikonsumsi.

Lalu, apa saja alasan tubuh memerlukan vitamin D dengan asupan yang cukup? Apa manfaat suntik vitamin D serta efek sampingnya?

Yuk langsung saja kita bahas!

Baca Juga: Perlukah Suntik Vitamin Immune Booster? Ini Manfaatnya!

Pengertian Vitamin D Secara Umum

Vitamin D merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak, yang mana vitamin ini dapat disimpan di tubuh dalam waktu yang lama. Terdapat dua jenis vitamin D, yaitu vitamin D2 yang bersumber dari tumbuhan, serta vitamin D3 yang bersumber dari sinar matahari, ikan, minyak ikan, serta kuning telur.

Vitamin D mampu membantu proses penyerapan fosfor serta kalsium di dalam tubuh. Selain itu, tercukupinya kebutuhan vitamin D juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta kesehatan gigi dan tulang.

Apa Saja Sumber Vitamin D?

Sumber vitamin D dapat diperoleh secara langsung dari sinar matahari, berbagai jenis makanan, suplemen, hingga suntik vitamin.

Apabila tidak memperoleh vitamin D secara cukup dari sinar matahari, maka Anda perlu mengkonsumsi makanan sumber vitamin D, seperti misalnya:

1. Jamur

Bagi kaum vegetarian, jamur dapat dijadikan pilihan tepat sebagai sumber vitamin D.

Ada beberapa jenis jamur yang kaya akan vitamin D, yaitu:

  • Jamur shiitake kering, yang mengandung 77 IU setiap 50 gram dan mampu memenuhi kebutuhan vitamin D harian sebesar 12% dari yang direkomendasikan.
  • Jamur maitake mentah, yang mengandung 562 IU setiap 50 gram dan mampu memenuhi kebutuhan vitamin D harian sebesar 94% dari yang direkomendasikan.
  • Jamur portobello, yang mengandung 568 IU setiap 50 gram dan mampu memenuhi kebutuhan vitamin D harian sebesar 95% dari yang direkomendasikan.

2. Minyak Ikan

Ikan serta minyak ikan terbukti mempunyai kandungan vitamin D yang sangat tinggi.

Beberapa jenis ikan serta minyak ikan yang kaya akan vitamin D di antaranya adalah:

  • Minyak ikan kod, yang mengandung 450 IU per sendok teh dan mampu memenuhi kebutuhan vitamin D harian sebesar 75% dari yang direkomendasikan.
  • Ikan haring, yang mengandung 306 IU per fillet (setelah dimasak) dan mampu memenuhi kebutuhan vitamin D harian sebesar 51% dari yang direkomendasikan.
  • Ikan salmon, yang mengandung 526 IU per 100 gram dan mampu memenuhi kebutuhan vitamin D harian sebesar 66% dari yang direkomendasikan.
  • Ikan todak, yang mengandung 706 IU per potong (setelah dimasak) dan mampu memenuhi kebutuhan vitamin D harian sebesar 117% dari yang direkomendasikan.

3. Kuning Telur

Kuning telur mengandung vitamin D yang cukup tinggi, di mana dua butir telur ayam memiliki kandungan 88 IU dan mampu mencukupi kebutuhan vitamin D harian sebesar 15% dari yang direkomendasikan.

Baca Juga: Penting! Ini 6 Fungsi Vitamin D Bagi Tubuh

Manfaat Suntik Vitamin D

Vitamin D sangat dibutuhkan oleh tubuh, baik yang diperoleh dari asupan makanan sehari-hari ataupun suntikan. Apabila tubuh kekurangan vitamin D bisa mengakibatkan terjadinya kelainan bentuk tulang hingga masalah serius lainnya.

Berikut beberapa manfaat suntik vitamin D bagi tubuh:

1. Berfungsi Melawan Penyakit

Vitamin D mampu mencegah berbagai penyakit yang menyerang tubuh. Fungsinya yaitu membantu mengoptimalkan imun tubuh dengan mendorong kinerja sel dara putih untuk melawan patogen.

Memiliki sifat antioksidan serta anti radang yang bisa meningkatkan kerja sistem saraf, imun, serta otot.

2. Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kelebihan berat badan merupakan salah satu akibat dari kurangnya asupan vitamin D dalam tubuh.

Fungsi vitamin D yaitu mampu mengurangi lemak serta berat badan sehingga hasilnya akan maksimal jika didukung dengan mengkonsumsi makanan sehat.

3. Menjaga Kesehatan Tulang serta Gigi

Vitamin D telah terbukti mampu menjaga kesehatan tulang, gigi, serta otot. Kandungan vitamin D dapat mengatur kadar kalsium serta fosfat di dalam tubuh untuk membantu kesehatan serta pertumbuhan tulang serta gigi.

4. Mencegah Kanker

Vitamin D juga berperan dalam mencegah resiko kanker karena sifatnya yang antikarsinogenik. Dengan begitu, perkembangan sel kanker akan lambat bahkan bisa merangsang kematian sel kanker.

5. Mencegah Depresi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kekurangan asupan vitamin D dapat meningkatkan resiko terkena depresi yang lebih tinggi.

Vitamin D disini berperan dalam mengatur suasana hati agar menjadi lebih baik. Tercukupinya kebutuhan vitamin D mampu mengurangi emosi negatif.

Efek Samping Terlalu Banyak Vitamin D

Vitamin D sangat diperlukan oleh tubuh, namun konsumsinya tidak boleh berlebihan. Takaran vitamin D yang dianjurkan menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) sebesar 15 mcg per hari bagi anak-anak hingga orang dewasa.

Namun, bagi lansia, kebutuhan vitamin D harian lebih tinggi, yaitu sebesar 20 mcg. Beberapa dampak yang ditimbulkan akibat konsumsi vitamin D yang berlebihan di antaranya:

  • Gangguan pencernaan, yang ditandai dengan mual, muntah, diare, hilangnya nafsu makan, serta sembelit.
  • Gangguan kesehatan mental, yang gejalanya meliputi gelisah, depresi, hingga kebingungan. Kelebihan vitamin D ini biasanya diakibatkan oleh konsumsi suplemen dalam dosis tinggi, bukan diakibatkan dari makanan ataupun sinar matahari.
  • Merusak ginjal, karena terjadi penyerapan kalsium yang meningkat, sehingga bisa menyebabkan terjadinya batu ginjal hingga gagal ginjal.

Baca Juga: Pahami 6 Manfaat Kolagen untuk Wajah agar Terlihat Glowing

Keunggulan Suntik Vitamin D di Vaxine Care

Manfaat suntik vitamin D bisa menjadi pilihan yang tepat jika membutuhkan hasil yang cepat. Cairan vitamin yang disuntikkan akan masuk ke tubuh melalui sirkulasi darah, kemudian diserap oleh tubuh. Melalui proses ini, penyerapan vitamin oleh tubuh akan berjalan lebih optimal.

Di Vaxine Care, Anda dapat mendapat layanan langsung dari dokter yang akan menilai kondisi tubuh Anda terlebih dahulu sebelum menentukan dosis vitaminnya. Dengan demikian, keamanan Anda lebih terjamin..

Selain itu, kami juga menyediakan layanan suntik vitamin di rumah atau home care untuk wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Segera hubungi Vaxine Care untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan.

Kunjungi halaman vitamin booster kami untuk pilihan layanan suntik vitamin lebih lanjut.

Artikel Lainnya