10 Cara Ampuh Menghilangkan Jet Lag saat Bepergian

10 Cara Ampuh Menghilangkan Jet Lag saat Bepergian

Jet lag merupakan kondisi seseorang yang mengalami gangguan tidur ritme sirkadian. Maksud dari ritme sirkadian ialah melibatkan gangguan pada jam tidur dan tubuh. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan jet lag agar perjalanan lebih nyaman.

Kondisi ini biasanya terjadi ketika bepergian jauh menggunakan pesawat serta melintasi perbedaan zona waktu. Akibat dari jet lag ialah dapat mengakibatkan ketidaknyamanan pada tubuh dan kelelahan yang berlebih.

Oleh karena itu, bagi yang sering bepergian sangat penting untuk paham mengenai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan akibat jet lag.

Baca Juga: 4 Manfaat Infus Vitamin untuk Traveling Perjalanan Jauh

Daftar Cara Menghilangkan Jet Lag

Seseorang yang mengalami kondisi ini akan merasakan pola makan, pola tidur, motivasi, dan konsentrasi dapat terganggu. Bahkan, pencernaan seseorang pun dapat ikut terganggu.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi jet lag ketika melintasi zona waktu yang berbeda, yaitu:

1. Cukup Istirahat Sebelum Terbang

Salah satu faktor terjadinya jet lag ialah mengabaikan istirahat yang cukup sebelum perjalanan. Sebagian orang mengabaikan istirahat sebelum perjalanan karena terlalu asik dan bersemangat untuk mempersiapkan perjalanan.

Tidur malam yang berkualitas dan cukup sebelum melakukan perjalanan jauh membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Dengan demikian, seseorang akan lebih siap menghadapi perubahan ketika bepergian ke zona waktu yang berbeda.

Jika Anda ingin bepergian ke zona waktu yang berbeda jauh, Anda bisa menyesuaikan jadwal tidur Anda beberapa hari sebelum berangkat untuk mencegah jet lag.

Ketika ingin bepergian ke arah timur, maka pada beberapa hari sebelumnya tidur 30 menit lebih cepat. Sedangkan saat ingin bepergian ke arah barat, maka pada beberapa hari sebelumnya tidur 30 menit lebih lambat.

Hal ini akan memudahkan tubuh Anda untuk menerima perubahan ketika melintasi zona waktu.

2. Mengkonsumsi Minuman Kafein

Pada dasarnya mengkonsumsi kafein tidak dapat menyembuhkan jet lag. Akan tetapi, konsumsi kafein dapat membantu seseorang untuk lebih tetap berwaspada fokus di siang hari.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa 300 mg kafein dapat meningkatkan kewaspadaan seseorang yang melakukan bepergian ke arah timur.

Beberapa minuman yang mempunyai kandungan kafein diantaranya ialah kopi, cokelat panas, minuman bersoda, dan teh. Namun, Anda perlu memastikan bahwa kafein yang Anda konsumsi tidak berlebihan, terutama pada minuman bersoda.

Hal ini dikarenakan minuman berkafein tersebut mempunyai kandungan gula yang tinggi yang dapat menimbulkan dampak negatif pada tubuh.

3. Mengatur Paparan Sinar Matahari

Akibat yang ditimbulkan dari jet lag ialah gangguan irama sirkadian pada tubuh. Penyebabnya adalah adanya perubahan paparan cahaya matahari ketika bepergian melintasi zona waktu yang jauh berbeda.

Dengan kata lain, paparan sinar matahari mempunyai peran penting dalam mengatur ritme sirkadian tubuh kita. Maka dari itu, mengatur paparan sinar matahari yang Anda terima menjadi salah satu cara menghilangkan jet lag.

Jika Anda bepergian ke arah timur, maka Anda dapat mengusahakan diri Anda terpapar cahaya matahari di pagi hari supaya tubuh Anda bisa beradaptasi dengan zona waktu yang baru.

Sedangkan jika pergi ke arah barat atau zona waktu yang lebih lama, Anda bisa membiasakan diri Anda terpapar cahaya lampu pada malam hari sebelum melakukan perjalanan.

4. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Saat Tiba

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa perubahan cahaya dapat mengganggu irama sirkadian tubuh. Oleh sebab itu, cara menghilangkan jet lag yang selanjutnya ialah banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari ketika sudah sampai di tujuan atau saat kembali ke tanah air.

Dengan demikian, tubuh manusia akan kembali mengatur ritme sirkadian dengan lebih cepat dan kembali ke kondisi awal. Tubuh akan terbangun ketika berada di bawah sinar matahari dan dapat mengurangi pengeluaran hormon melatonin.

Hormon melatonin merupakan hormon yang berfungsi untuk membuat seseorang merasa mengantuk.

5. Memilih Jadwal Penerbangan yang Tepat

Untuk perjalanan jauh, lebih disarankan jika memilih jadwal penerbangan yang sampai di tempat tujuan pada saat siang hari. Misal sebuah perjalanan memakan waktu 12 jam, maka waktu keberangkatan yang disarankan ialah pukul 10 malam.

Dengan melakukan perjalanan pada malam hari, akan memungkinkan Anda dapat istirahat atau tidur di dalam pesawat. Meskipun tidak bisa nyenyak, setidaknya tubuh Anda telah beristirahat.

Selain itu, dengan sampai tujuan pada siang hari, maka sinar matahari dapat membuat seseorang lebih waspada dan bisa menyesuaikan diri dengan cepat.

6. Konsumsi Vitamin Sebelum Bepergian

Vitamin mempunyai peranan yang penting dalam menjaga kekebalan tubuh seseorang, terutama ketika melakukan perjalanan jauh.

Pasalnya, perjalanan jauh dan melintasi zona waktu memicu beberapa risiko kesehatan, seperti paparan virus, kelelahan, stres, dan lain sebagainya.

Sebenarnya vitamin dapat diperoleh melalui konsumsi bahan makanan berupa sayur dan buah. Akan tetapi, proses perubahan sayur dan buah yang dikonsumsi membutuhkan waktu yang lebih lama.

Maka dari itu, dibutuhkan asupan vitamin sebelum melakukan perjalanan jauh. Dengan kata lain konsumsi vitamin menjadi salah satu cara menghilangkan jet lag. Sebagai alternatif, Anda bisa mendapatkan infus vitamin yang sesuai untuk traveling.

Mendapatkan infus vitamin sebelum melakukan penerbangan bermanfaat untuk memastikan asupan nutrisi, cairan, dan vitamin tubuh terpenuhi sehingga dapat meminimalkan gejala jet lag.

Infus vitamin traveling biasanya mengandung anti radang, vitamin B12, serta vitamin lainnya yang diperlukan tubuh.

Jika Anda mencari infus vitamin terbaik di Jakarta, Anda bisa mendapatkannya di Vaxine Care.

7. Mengatur Asupan Makanan

Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang dapat juga digunakan sebagai cara mengatasi jet lag. Makanan yang paling dianjurkan ialah sayur-sayuran dan buah-buahan. Sayur dan buah mempunyai kandungan vitamin yang tinggi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Sebaiknya konsumsi makanan yang kurang sehat dibatasi, seperti gorengan dan junk food. Selain itu, hindari makanan dengan kandungan lemak dan karbohidrat tinggi sebelum tidur.

Pasalnya, makanan karbohidrat dapat mengganggu kualitas dan durasi tidur seseorang.

8. Cukupi Kebutuhan Cairan

Konsumsi air yang cukup atau 8 gelas per hari bertujuan agar tubuh tidak terkena dehidrasi. Hal ini sangat dianjurkan untuk mengatasi jet lag. Pasalnya, tubuh seseorang yang mengalami dehidrasi akan memperburuk kondisi ini dan mengganggu proses pemulihan.

Pada dasarnya kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya. Namun meski demikian, keadaan dehidrasi membuat seseorang lebih sulit pulih dari keadaan jet lag.

9. Olahraga Secara Rutin

Melakukan olahraga secara rutin, baik sesudah maupun sebelum melakukan perjalanan dapat membantu meminimalisir risiko gangguan irama sirkadian. Aktivitas positif yang satu ini pada dasarnya mempunyai segudang manfaat.

Tidak hanya digunakan sebagai mengatasi jet lag saja, namun olahraga dapat membuat tubuh seseorang lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

Selain itu, olahraga akan membuat seseorang tidak mudah lelah ketika melakukan perjalanan jauh.

10. Tiba Lebih Awal

Apabila bepergian jauh menggunakan pesawat dan melintasi zona waktu sebaiknya memilih untuk tiba lebih cepat dari acara yang ingin dihadiri. Dengan demikian, tubuh dapat istirahat terlebih dahulu sebelum melakukan suatu kegiatan atau acara tertentu.

Baca Juga: 7 Dampak dan Ciri Kekurangan Vitamin C, Andalkan Hi-C Booster

Maksimalkan Cara Menghilangkan Jet Lag dengan Infus Vitamin

Jet lag memang bukan kondisi yang serius dan hanya bersifat sementara. Namun, kondisi ini tetap mengganggu kegiatan seseorang dan menimbulkan berbagai efek setelahnya. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui cara menghilangkan jet lag.

Salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan mendapatkan infus vitamin traveling sebelum melakukan perjalanan jauh. Terlebih, kini Vaxine Care telah menyediakan layanan home service untuk suntik & infus vitamin.

Dengan begitu, Anda bisa menunggu saja di rumah, dan dokter akan datang langsung ke rumah Anda. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai vitamin apa yang paling Anda butuhkan dan sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Segera hubungi Vaxine Care untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut.

Artikel Lainnya