Butuh Vaksin Yellow Fever di Jakarta? Vaxine Care Solusinya

Vaksin Yellow Fever di Jakarta Klinik Vaksinasi Demam Kuning Vaxine Care

Vaksin yellow fever di Jakarta bisa Anda dapatkan di klinik vaksinasi Vaxine Care. Di antara berbagai jenis vaksin yang ada saat ini, vaksin yellow fever merupakan vaksin yang paling dibutuhkan oleh orang-orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Mengapa? Penyakit yellow fever atau demam kuning merupakan penyakit yang penyebarannya terhitung mudah karena hanya disebarkan melalui gigitan nyamuk. Sesuai namanya, warna kulit penderita penyakit tersebut cenderung akan kekuningan.

Tak hanya yellow fever, penyakit HPV juga perlu dihindari oleh anak-anak dan dewasa. Kenali Pengertian, Prosedur, Dosis, dan Jarak Vaksin HPV!

Nah, mari mengenal apa vaksin yellow fever dan tempat vaksin yellow fever terdekat di Jakarta yang bisa menjadi referensi untuk Anda dan keluarga.

Vaksin Yellow Fever: Pengertian, Fungsi, dan Tujuan

Yellow fever diakibatkan oleh virus yellow fever yang disebarkan oleh nyamuk. Virus tersebut tersebar luas di berbagai negara tropis seperti Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Afrika. Oleh karena itu, para traveler yang sering berkunjung ke negara-negara di area tersebut perlu melakukan vaksin yellow fever.

Selain itu, penyakit demam kuning ini juga cukup sulit untuk didiagnosis jika masih berada di fase awal. Karena itulah, biasanya pasien baru mendapatkan penanganan setelah kondisinya cukup marah.

Nah, dengan memahami tentang vaksin yellow fever, Anda dapat memahami cara pencegahan penyakit demam kuning tersebut.

1. Pengertian

Vaksin yellow merupakan jenis penyakit hidup yang dibuat dari virus yellow fever yang sudah dilemahkan. Hanya dengan pemberian 1 dosis saja, vaksin tersebut sudah mampu memberikan perlindungan seumur hidup untuk Anda.

Vaksin yellow fever sangat direkomendasikan untuk orang-orang dengan kategori berikut ini.

  • Bayi berusia kurang dari 9 bulan atau orang dewasa yang lebih dari 59 tahun dan rentan terserang penyakit demam kuning.
  • Bayi berusia kurang dari 9 bulan atau orang dewasa dengan usia lebih dari 59 tahun yang sering bepergian ke luar negeri atau tinggal di daerah yang menjadi habitat nyamuk yellow fever. 
  • Orang yang diharuskan melakukan vaksinasi yellow fever untuk persyaratan tertentu.

2. Fungsi

Fungsi utama dari vaksin yellow fever adalah untuk memberikan perlindungan, terutama bagi para traveler, yang ingin bepergian agar tidak mudah terserang penyakit demam kuning.

Dengan melakukan vaksinasi yellow fever, Anda akan memperoleh perlindungan selama 10 tahun sejak vaksin pertama dilakukan. Jadi, kebanyakan orang yang wajib mendapatkan vaksin yellow fever adalah turis, kru kapal, dan orang-orang yang berkunjung ke negara endemis yellow fever.

Sementara itu, orang-orang yang rentan terserang yellow fever juga wajib melakukan vaksinasi yellow fever kedua setelah 10 tahun sejak vaksin pertama diberikan.

Vaksin yellow fever tersebut juga bisa membantu penyebaran virus yellow fever di berbagai tempat. Bahkan, sebagian besar negara mewajibkan pelancong untuk memberikan ICV atau International Certificate of Vaccination ketika masuk ke negara tersebut.

3. Tujuan

Jangan sangka bahwa penyakit demam kuning itu tidak berbahaya. Itu merupakan penyakit serius yang bisa mengancam kesehatan Anda. Karena itulah, pemberian vaksin yellow fever bertujuan untuk mencegah resiko mematikan bagi orang yang terserang virus yellow fever.

Pasalnya, hingga kini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut. Jadi, cara ampuhnya adalah dengan menggunakan vaksin untuk mencegah gejala berat yang bisa membahayakan nyawa karena serangan virus yellow fever tersebut.

Terutama bagi orang-orang yang rentan dengan virus tersebut, mereka wajib memperoleh vaksin ini. Dengan vaksin yellow fever, tubuh akan secara alami membentuk antibodi untuk melawan virus yellow fever.

Penyakit yang Bisa Dihindari dengan Pemberian Vaksin Yellow Fever

Penyakit yang bisa dihindari dengan melakukan vaksin yellow fever adalah penyakit demam kuning. Itu merupakan jenis penyakit yang bisa menyebabkan tubuh penderitanya mengalami demam tinggi dan kulit berubah menjadi kuning.

Virus akan mengalami inkubasi selama 3 hari saat berada di dalam tubuh sehingga penderita tidak mengalami keluhan apapun di fase awal infeksi. Namun, setelah 3 hari akan muncul beberapa gejala seperti:

  • Nyeri kepala
  • Demam
  • Tidak nafsu makan
  • Nyeri otot, terutama di bagian punggung
  • Muntah dan mual
  • Lemas

Meskipun bisa sembuh setelah 3-4 hari, pada beberapa orang yang rentan bisa timbul gejala parah. Selain kulit berubah menjadi kuning, akan timbul pendarahan di area mulut, perut, mata, dan hidung. Itu merupakan fase toksik yang akan menyebabkan penderitanya meninggal dunia.

Prosedur Pemberian Vaksin Yellow Fever yang Benar

Prosedur pemberian vaksin yellow fever adalah dengan menyuntikkan vaksin ke lengan atas yang tidak menjadi area pemberian vaksin campak. Jika vaksin campak disuntikkan pada lengan kiri, maka vaksin yellow fever disuntikkan pada lengan kanan.

Orang dewasa yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri akan mendapatkan dosis 0,5 ml (1 dosis). Sementara itu, bayi berusia di atas 6 bulan atau lebih dari 9 bulan akan diberikan dosis 0,5 ml (1 dosis). Itu dilakukan 10 hari sebelum perjalanan.

Vaksin booster akan diberikan setelah 10 tahun menerima vaksin pertama. Penderita HIV juga perlu menerima booster setelah 10 tahun sejak pemberian vaksin pertama.

Vaxine Care, Layanan Vaksin Yellow Fever di Jakarta yang Terbaik untuk Traveler

Dengan melakukan vaksinasi yellow fever di Vaxine Care, Anda dan anak-anak akan bisa bepergian dengan nyaman ke manapun. Ketahui lebih lengkap tentang vaksin yellow fever dari Vaxine Care tersebut di halaman ini

Masih ragu untuk mengandalkan Vaxine Care dalam kebutuhan vaksinasi yellow fever Anda? Ini pembahasan tentang Vaxine Care: Klinik Vaksin Jakarta, Layanan & Dokter Terbaik.

Segera dapatkan layanan vaksinasi yellow fever atau demam kuning untuk anak dan bayi Anda hanya di Vaxine Care. Lakukan reservasi melalui halaman kontak dan dapatkan informasi seputar vaksin dan vitamin booster lainnya di halaman blog Vaxine Care.

Artikel Lainnya