Apa Itu Antispasmodik? Manfaat hingga Efek Samping

Apa Itu Antispasmodik? Manfaat hingga Efek Samping

Sudah pernah dengar istilah antispasmodik sebelumnya? Istilah tersebut berkaitan dengan sekelompok obat yang bisa membantu mengendalikan gejala kejang usus yang membuat perut kram hingga sulit makan.

Beberapa jenis antispasmodik biasa dimanfaatkan untuk mengatasi sindrom iritasi usus hingga meredakan nyeri haid. Namun, konsumsi obat ini harus sesuai dengan rekomendasi dokter agar dosis yang Anda konsumsi tidak berlebihan.

Lalu, apa saja manfaat dan efek samping dari antispasmodik? Adakah orang yang perlu menghindari obat ini?

Yuk langsung saja kita bahas!

Baca Juga: Infus Vitamin Neurobion, Apa Manfaat dan Efek Sampingnya?

Apa itu Antispasmodik?

Antispasmodik merupakan sekelompok obat-obatan yang bisa bantu mencegah, meredakan, dan menurunkan risiko kejang otot yang menyusun organ usus. Biasanya obat ini bekerja secara efektif merilekskan otot usus agar.

Sebenarnya ada dua jenis obat antispasmodik yang biasa digunakan dalam dunia medis. Pertama adalah antimuskarinik yang bekerja dengan menempel pada reseptor otot muskarinik. Antimuskarinik akan menempel di reseptor muskarinik, sehingga mencegah menempelnya senyawa yang dapat menyebabkan kontraksi otot usus.

Sedangkan bentuk obat kedua adalah relaksan otot polos. Jenis ini biasa bekerja pada bagian dinding usus yang secara efektif membantu merilekskan otot dan meredakan nyeri akibat kontraksi usus.

Selain dikhususkan bagi para penderita sindrom iritasi usus besar, obat ini sering diberikan oleh para dokter untuk pasien penyakit divertikular atau untuk meredakan kram perut.

Manfaat Mengonsumsi Obat Antispasmodik

Obat ini memang memberikan beberapa manfaat yang dibutuhkan oleh pasien. Namun, konsumsi obat ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Anda perlu mengkonsumsinya sesuai rekomendasi dokter.

Apa manfaat antispasmodik? Berikut ini khasiat penting golongan obat tersebut:

1. Meredakan Gejala Iritasi Usus Besar

Manfaat pertama dari obat ini adalah dapat membantu meredakan gejala iritasi usus besar meliputi perut kembung, kejang otot, dan juga sakit perut.

2. Mengatasi Kram Perut dan Nyeri Haid

Kedua, obat ini dapat membantu tubuh mengurangi pergerakan otot usus, sehingga tidak menimbulkan rasa sakit, mual, dan kram bagi para penderitanya. Oleh karena itu, obat ini juga bisa digunakan untuk mengobati kram perut dan nyeri haid.

Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi obat ini. Meski demikian, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar bisa terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

Efek Samping Mengkonsumsi Obat Antispasmodik

Sebenarnya konsumsi obat-obatan ini tidak menimbulkan efek samping serius bagi para penggunanya. Meski demikian, Anda tetap perlu memahami apa saja efek samping yang mungkin bisa ditimbulkan.

Beberapa efek samping umum yang sering dialami pengguna antispasmodik yaitu:

  • Merasa nyeri pada bagian ulu hati.
  • Mulut sering kering walaupun banyak mengonsumsi air putih.
  • Awal penggunaan sering mengalami sembelit atau konstipasi.
  • Sebagian pengguna mengaku sulit buang air kecil, namun efeknya tidak jangka lama.

Selain hal di atas, ada juga efek samping lainnya kemungkinan bisa dialami oleh pengguna antispasmodik. Oleh sebab itu, perlu lakukan konsultasi sebelum mengonsumsi obat ini.

Tanyakan kepada dokter kemungkinan efek samping lain setelah mengkonsumsi obat, sehingga kemungkinan terburuk bisa dicegah.

Siapa yang Perlu Menghindari Obat Antispasmodik

Sebenarnya semua orang bisa mengkonsumsi obat antispasmodik. Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan orang perlu menghindari obat ini karena bisa mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa kondisi di antaranya:

  • Stenosis pylorus atau penyempitan saluran pylorus.
  • Pembesaran kelenjar prostat.
  • Myasthenia gravis yang membuat otot menjadi lemah.
  • Penyumbatan usus atau obstruksi usus parah.
  • Ileus paralitik, dimana otot usus menjadi lumpuh.

Selain kondisi di atas, obat antispasmodik juga tidak direkomendasikan bagi ibu hamil dan menyusui karena bisa berdampak buruk bagi sistem pencernaan bayi.

Baca Juga: Terapi IV: Pengertian, Keunggulan hingga Prosedur

Dapatkan Antispasmodik dari Terapi IV yang Aman

Jika Anda membutuhkan asupan antispasmodik yang efektif dan aman, Anda bisa mendapatkannya di Vaxine Care.

Vaxine Care merupakan klinik wellness yang menawarkan layanan terapi intravena (IV) home service yang aman dan dilakukan oleh dokter profesional. Kami menyediakan beragam suntik dan infus vitamin yang sangat baik untuk kesehatan Anda.

Jika Anda membutuhkan bantuan cepat untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan kram otot usus dan nyeri haid, Anda bisa mendapatkan infus “Cramp Free Remedy” dari Vaxine Care.

Segera hubungi Vaxine Care untuk informasi lebih lanjut!

Artikel Lainnya