7 Dampak dan Ciri Kekurangan Vitamin C, Andalkan Hi-C Booster

Ciri Kekurangan Vitamin C Booster Suntik Vitamin C Vaxine Care

Vitamin C merupakan salah satu vitamin terbaik yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin C adalah jenis antioksidan yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika kekurangan vitamin C, maka tubuh akan mengalami berbagai keluhan. Karena itu, penting untuk mengenali ciri kekurangan vitamin C.

Dengan mengenali tanda-tanda kekurangan vitamin C, maka Anda bisa mengetahui kapan tubuh membutuhkan asupan vitamin yang cukup. Jadi, itu tidak akan menjadikan Anda mengalami berbagai keluhan yang bisa mengganggu metabolisme tubuh.

Nah, artikel ini membahas berbagai manfaat vitamin C dan gejala kekurangan vitamin C. Jadi, Anda bisa mengetahui cara terbaik untuk mengatasi berbagai masalah akibat kekurangan vitamin C.

Inilah Berbagai Manfaat Vitamin C bagi Kesehatan

ciri kekurangan vitamin c

Vitamin C mempunyai nama lain asam askorbat. Tubuh manusia membutuhkan asupan vitamin C untuk memperoleh berbagai manfaat. Oleh karena itu, penting untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin C karena tubuh tidak bisa menghasilkan vitamin C sendiri.

Karena perannya sangat penting bagi tubuh, maka vitamin C merupakan vitamin esensial yang tidak boleh dilewatkan. Dengan mengkonsumsi vitamin C tersebut, rasakan berbagai manfaat pada tubuh. Beberapa di antaranya adalah deretan manfaat berikut ini.

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jika membicarakan tentang vitamin C, maka manfaat utama dari vitamin tersebut adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun. Jadi, vitamin C mampu meningkatkan fungsi sel darah putih yaitu neutrofil dan limfosit untuk membentuk imunitas yang bagus.

Tak hanya itu saja, vitamin C juga mampu memperkuat pertahanan sel epitel kulit. Karena vitamin C merupakan antioksidan, maka vitamin tersebut juga mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh senyawa radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Vitamin C juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ada sebuah penelitian yang berhasil membuktikan bahwa kadar trigliserida dan LDL bisa turun jika rutin mengkonsumsi 500 mg vitamin C per hari.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Bagi para penderita harus mulai mengkonsumsi vitamin C sejak sekarang. Pasalnya, vitamin C mampu mengurangi tekanan darah tinggi. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi vitamin C pada pasien hipertensi bisa menurunkan tekanan sistolik dan diastolik secara signifikan yaitu masing-masing sebesar 4,9 mmHg dan 1,7 mmHg. Namun, konsumsi vitamin C tersebut harus sebesar 500 mg per harinya.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ternyata, vitamin C juga mampu mempercepat penyembuhan luka. Hal itu dikarenakan luka bisa cepat sembuh jika ada protein yang cukup seperti kolagen.

Nah, vitamin C mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga proses penyembuhan akan lebih cepat karena jaringan baru bisa lebih cepat terbentuk.

5. Mencegah Kekurangan Zat Besi

Sel darah merah bisa mengalami kekurangan zat besi dan itu sangat berbahaya. Kondisi tersebut disebut sebagai defisiensi besi. Jika terjadi hal tersebut, maka peredaran oksigen di dalam tubuh akan terhambat.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengkonsumsi vitamin C dan zat besi agar kebutuhan zat besi dalam darah tetap tercukupi. Vitamin C berperan penting dalam hal ini karena penyerapan zat besi dalam tubuh akan meningkat jika ada vitamin C yang cukup.

6. Mencegah Terjadinya Penyakit Asam Urat

Asam urat bisa terjadi jika kadar asam urat dalam darah cukup tinggi. Nah, asam urat itu nantinya akan mengumpul dan membentuk kristal yang bisa menyebabkan nyeri di area persendian.

Nah, vitamin C ternyata mampu mencegah terjadinya penumpukan dan pengkristalan asam urat tersebut. Nah, jika melakukan konsumsi vitamin C selama satu bulan berturut-turut, maka itu akan membantu mengurangi kadar asam urat darah.

7. Mengurangi Resiko Penyakit Mata

Bukan hanya berbagai manfaat di atas, vitamin C juga bisa mencegah terjadinya berbagai macam gangguan pada mata. Vitamin C mampu mencegah terjadinya katarak dan degenerasi makula yang menyebabkan kerusakan pada retina.

Dua jenis penyakit mata tersebut bisa terjadi karena kekurangan protein, termasuk kolagen, dan vitamin C menyediakan produksi kolagen yang cukup. Jadi, kombinasikan vitamin A dan vitamin C untuk memperoleh kesehatan mata yang optimal.

Kenali Berbagai Gejala dan Ciri Kekurangan Vitamin C pada Tubuh

ciri kekurangan vitamin c

Karena vitamin C sangat penting bagi tubuh, maka kekurangan vitamin C pada tubuh akan memberikan beberapa gejala dan keluhan berikut ini pada tubuh. Apa saja gejala dan bagaimana ciri kekurangan vitamin C tersebut pada kondisi fisik?

  • Rambut akan menjadi berlekuk-lekuk. Contohnya adalah bentuk spiral atau melingkar. Hal itu dikarenakan terjadi kecacatan pada protein rambut yang tumbuh. Selain itu, rambut juga akan mudah patah atau rontok.
  • Kulit menjadi tidak rata dan kasar. Hal itu berkaitan dengan produksi kolagen yang kurang karena tidak ada asupan vitamin C pada tubuh.
  • Kuku pada jari bisa berbentuk sendok atau ada bintik dan garis merah pada kuku tersebut. Kondisi tersebut bisa terjadi karena defisiensi besi dalam darah.
  • Bintik merah juga bisa muncul pada kulit karena pembuluh darah kecil di kulit pecah yang diakibatkan oleh kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh.
  • Anda juga akan mengalami memar yang parah atau mudah mengalami memar. Hal itu karena darah di bawah jaringan kulit bocor dan menyebar ke area sekitarnya. Lagi-lagi, itu dikarenakan produksi kolagen yang buruk sehingga pembuluh darah di kulit menjadi lemah.

Begini Dampak Kekurangan Vitamin C pada Tubuh

c vitamin

Selain mengenali berbagai gejala dan ciri dari kekurangan vitamin C, Anda juga perlu mengenali dampak penyakit yang ditimbulkan dari kekurangan vitamin C tersebut.

1. Anemia

Anemia merupakan penyakit yang umum terjadi akibat kekurangan vitamin C karena darah tidak bisa menyerap zat besi dengan sempurna tanpa adanya vitamin C.

2. Gusi Berdarah 

Gusi berdarah juga sering dialami oleh orang-orang yang mengalami kekurangan vitamin C. Ini juga menyebabkan terjadinya berbagai penyakit gusi lainnya yang jika dibiarkan akan berbahaya juga.

3. Skorbut

Skorbut menjadi salah satu dampak dari kekurangan vitamin C yang paling menonjol. Penderita akan merasa kelelahan, nyeri sendi, mudah marah, dan tidak nafsu makan. Jika dibiarkan, itu akan mengakibatkan anemia, pendarahan kulit, dan lain-lain.

Tips Menjaga Asupan Vitamin C

asupan

Berikut beberapa tips untuk membantu Anda menjaga asupan vitamin C:

1. Konsumsi Buah dan Sayur Berwarna Cerah

Buah dan sayur berwarna cerah, seperti jeruk, kiwi, stroberi, paprika, brokoli, dan bayam, merupakan sumber vitamin C yang excellent. Pastikan Anda memasukkan berbagai jenis buah dan sayur dalam menu harian Anda.

2. Makan Sayur Segar

Vitamin C mudah rusak karena panas. Untuk mendapatkan manfaat vitamin C yang maksimal, konsumsi sayur segar atau masak dengan waktu singkat.

3. Kombinasikan dengan Makanan Kaya Zat Besi

Vitamin C membantu penyerapan zat besi. Konsumsi makanan kaya vitamin C bersamaan dengan makanan kaya zat besi, seperti daging merah, ayam, ikan, dan kacang-kacangan, untuk meningkatkan manfaatnya.

4. Minum Jus Buah Segar

Jus buah segar adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan vitamin C. Pilihlah buah-buahan kaya vitamin C dan hindari menambahkan gula berlebihan.

5. Konsumsi Suplemen Vitamin C

Jika Anda merasa asupan vitamin C Anda tidak mencukupi, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.

Konsumsi Hi-C Booster dari Vaxine Care untuk Memenuhi Vitamin C Tubuh

Bagi Anda yang mengalami kekurangan vitamin C atau ingin menjaga asupan vitamin C dalam tubuh bisa menggunakan Hi-C Booster dari Vaxine Care. Itu merupakan booster untuk memberi asupan vitamin C yang aman. 

Kombinasikan Hi-C Booster tersebut dengan berbagai sayur dan buah yang mengandung vitamin C untuk menghindarkan diri berbagai ciri kekurangan vitamin C di atas.

Masih ragu untuk mengandalkan Hi-C Booster dari Vaxine Care? Cari tahu lebih dalam tentang infus dan suntik vitamin di Vaxine Care.

Segera dapatkan layanan Hi-C Booster hanya di Vaxine Care. Lakukan reservasi melalui halaman kontak dan dapatkan informasi seputar vaksin dan vitamin booster lainnya di halaman blog Vaxine Care.

Artikel Lainnya