10 Manfaat Injeksi Vitamin C untuk Kesehatan

10 Manfaat Injeksi Vitamin C untuk Kesehatan

Vitamin C memang salah satu vitamin yang dibutuhkan dan memang banyak manfaatnya bagi tubuh. Biasanya dipenuhi melalui makanan dan minuman serta suplemen yang dikonsumsi. Cara lainnya adalah dengan melakukan injeksi vitamin C yang semakin banyak dilakukan orang. Sehingga manfaat injeksi vitamin C saat ini menjadi pilihan alternatif oleh sebagian orang.

Mendapatkan vitamin C melalui injeksi memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Baik untuk kekebalan tubuh, penyerapan zat besi, hingga untuk kecantikan kulit. Namun dosis vitamin C yang diberikan perlu disesuaikan dengan kondisi masing-masing orang.

Karena itu, sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter yang ahli agar tidak mengalami efek samping yang berbahaya.

Baca Juga: Suntik & Infus Vitamin C: Tujuan, Manfaat, Dosis, dan Risiko

Manfaat Injeksi Vitamin C

Manfaat Injeksi Vitamin C

Kebutuhan manusia akan vitamin C setiap harinya sebenarnya tidak besar, yaitu antara 70-150 mg saja. Wanita normal membutuhkan sekitar 65 mg/hari dan pria sebesar 75 mg/hari. Meski begitu, sering kali asupan yang diterima tubuh tidak mencukupi kebutuhan vitamin C tersebut.

Wanita yang sedang hamil dan menyusui biasanya membutuhkan sekitar 120 mg/hari. Sedangkan orang yang sedang sakit, kekurangan vitamin C atau sedang dalam masa pemulihan mungkin membutuhkan dosis lebih besar tergantung penilaian dokter.

Injeksi atau suntik vitamin C biasanya diberikan dalam dosis tinggi, tergantung kebutuhannya. Umumnya antara 300 – 1.000 mg. Jika memang sedang kekurangan vitamin C hingga sakit, biasanya injeksi diberikan dengan dosis hingga 1.000 mg.

Berikut ini adalah berbagai manfaat injeksi vitamin C yang bisa diterima:

1. Mengatasi Defisiensi Vitamin C

Orang yang kekurangan vitamin C yang parah biasanya mengalami banyak keluhan seperti radang gusi, gusi berdarah, gangguan gigi dan terhambatnya perkembangan tulang. Sehingga memerlukan asupan vitamin C yang besar.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C mengandung antioksidan yang bisa melawan radikal bebas sehingga akan meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas dalam melawan penyakit. Kemudian juga membantu pemulihan kondisi tubuh kala sakit.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Karena kemampuan ini maka seringkali vitamin C diberikan dalam pengobatan penyembuhan luka operasi. Seperti operasi ‘caesar’ atau operasi lainnya.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat injeksi vitamin C dalam dosis tinggi memang bisa menurunkan tekanan darah. Karena akan berperan sebagai diuretik atau membuang kelebihan cairan tubuh melalui air seni atau urine. Dengan begitu maka bisa menurunkan tekanan di pembuluh darah.

5. Membantu Penyerapan Zat Besi

Pada mereka yang disebut kurang darah atau anemia sering diminta mengonsumsi vitamin C dosis tinggi. Karena vitamin C bisa membantu tubuh lebih mudah menyerap zat besi dari berbagai makanan yang dikonsumsi sehingga mampu menghasilkan zat darah merah (hemoglobin).

6. Meningkatkan Produksi Kolagen

Vitamin C mampu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga memiliki efek bagus pada kulit. Termasuk juga pencegahan penuaan dini (premature aging) akibat polusi dan juga beberapa hal berikut:

  • Menjaga kelembaban kulit
  • Mempertahankan elastisitas kulit
  • Mengurangi kerutan dan garis halus sehingga tampak awet muda
  • Melindungi kulit dari kerusakan oleh radiasi sinar matahari (Ultra Violet/UV)

7. Mencerahkan Warna Kulit

Vitamin C mampu membantu mencerahkan kulit dengan mengurangi pigmentasi dan produksi melanin. Karena itu tidak mengherankan jika banyak orang yang menginginkan asupan vitamin C dosis tinggi baik dalam bentuk injeksi ataupun infus. Bahkan juga melakukan terapi vitamin C untuk memutihkan kulit.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat injeksi vitamin C lainnya adalah mampu membantu pembakaran lemak dalam tubuh agar berjalan baik. Karena itu jika tubuh kekurangan vitamin C, pembakaran lemak juga kurang lancar.

9. Meningkatkan Daya Ingat

Ternyata kekurangan vitamin C bisa mempengaruhi kemampuan fungsi kognitif. Hal tersebut akan menyebabkan stres oksidatif yang kemudian mengakibatkan timbulnya penyakit Alzheimer dan demensia (pikun) yang berkaitan dengan daya pikir.

10. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Dalam banyak studi laboratorium telah dapat disimpulkan bahwa vitamin C dapat memperlambat pertumbuhan serta penyebaran sel kanker. Khususnya kanker prostat, pankreas, usus besar, hati (sirosis) dan beberapa jenis kanker lainnya.

Baca Juga: 5 Efek Samping dan Pantangan saat Suntik Vitamin C

Standar Dosis Umum

Manfaat Injeksi Vitamin C

Kebutuhan vitamin C setiap orang memang berbeda. Dalam keadaan normal akan bergantung pada usia. Namun akan meningkat saat seorang wanita dalam keadaan hamil dan menyusui. Atau juga karena kondisi khusus seperti sedang sakit, masa pemulihan atau defisiensi vitamin C.

  • Defisiensi vitamin C akan membutuhkan injeksi dosis 200 miligram/hari selama satu minggu.
  • Penyembuhan luka akan membutuhkan 1.000 miligram/hari selama 5-21 hari tergantung jenis lukanya.
  • Pemutihan & peremajaan kulit akan membutuhkan injeksi berkisar antara 10.000-100.000 miligram. Bisa diberikan setiap hari atau diatur secara berkala dengan interval waktu tertentu.

Ingatlah bahwa asupan vitamin C bagi tubuh sebenarnya bisa dipenuhi melalui makanan dan minuman juga suplemen multivitamin yang dikonsumsi setiap hari. Termasuk dari berbagai jenis buah dan sayuran. Karena itu perlu dipertimbangkan jumlah total asupan vitamin C setiap harinya.

Pemberian dosis injeksi vitamin C perlu dikonsultasikan dengan ahlinya agar tidak menyebabkan efek samping yang bisa membahayakan diri. Khususnya yang akan menjalani perawatan atau terapi pemutihan kulit, karena dosis yang diberikan cukup tinggi.

Efek Samping Injeksi Vitamin C

Manfaat Injeksi Vitamin C

Jika dilakukan dengan dosis yang tepat maka manfaat injeksi vitamin C bisa diperoleh tanpa masalah. Namun jika dosis yang diberikan terlalu tinggi atau berlebihan maka biasanya akan terasa mual yang cukup mengganggu.

Dosis tinggi yang terus menerus juga akan membuat kerja ginjal menjadi berat. Karena kelebihan vitamin C akan dibuang melalui air seni atau urine yang diproses oleh ginjal. Kelebihan ini juga bisa memberikan risiko mempercepat terbentuknya batu ginjal.

Selain itu, kelebihan vitamin C bisa mengakibatkan kelebihan penyerapan zat besi sehingga sisa yang tidak terpakai semuanya menumpuk di ginjal. Untuk jangka panjang jelas dianggap cukup berbahaya. Itu sebabnya pengaturan dosis dan jadwal pemberiannya perlu diawasi.

Baca Juga: Kenali Suntik Vitamin untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara Melakukan Injeksi Vitamin C

Injeksi

Injeksi vitamin C biasanya dilakukan di klinik atau rumah sakit oleh dokter atau perawat. Vitamin C disuntikkan langsung ke aliran darah melalui vena di lengan atau bokong.

Biaya Injeksi Vitamin C

Biaya injeksi vitamin C bervariasi tergantung pada klinik atau rumah sakit, serta dosis vitamin C yang digunakan.

Tips Memilih Klinik

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih klinik yang menyediakan injeksi vitamin C yang terpercaya:

  • Pastikan klinik tersebut memiliki izin resmi dari Kementerian Kesehatan.
  • Pastikan dokter yang melakukan injeksi vitamin C memiliki kualifikasi dan pengalaman yang cukup.
  • Pastikan klinik tersebut menggunakan peralatan yang steril dan aman.
  • Tanyakan tentang biaya injeksi vitamin C sebelum Anda melakukannya.

Dapatkan Injeksi Vitamin C di Rumah

Manfaat dari injeksi vitamin C memang banyak, namun penggunaannya juga perlu pengawasan dari dokter profesional. Hal ini dikarenakan dosis yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Kelebihan dosis vitamin C bisa memberikan efek buruk dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, pastikan Anda mendapatkan injeksi vitamin C dari rumah sakit atau klinik yang terpercaya, seperti di Vaxine Care. Setiap tindakan yang dilakukan oleh Vaxine Care dilakukan oleh dokter profesional, sehingga keamanannya terjamin. Anda juga bisa berkonsultasi terkait vitamin dengan gratis.

Selain itu, Vaxine Care juga menyediakan layanan infus/suntik vitamin home service, sehingga Anda bisa mendapatkan injeksi vitamin C di rumah. Segera hubungi Vaxine Care untuk informasi lebih lanjut.

Reference: 

Artikel Lainnya